Cara Melatih Anjing Untuk Tidak Buang Air Sembarangan

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Untuk Tidak Buang Air Sembarangan – Cara Melatih Anjing Untuk Tidak Buang Air Sembarangan – Tentu menjadi hal yang menjijikkan dan tidak terpuji bagi pemilik anjing maupun anjingnya yang tidak dapat buang air pada tempatnya apalagi membuangnya di dalam rumah. Hal ini juga membuat orang lain menjadi risih terhadap perilaku ini. Sebagai pemilik anjing yang perlu diperhatikan adalah melatih anjingnya untuk buang air pada tempatnya karena jika diteruskan akan membuat dampak lingkungan yang tidak baik.

Secara normal pada anjing akan mengencingi suatu tempat sebagai bentuk dominasi terhadap wilayah tersebut sehingga memungkinkan agar anjing lain untuk menjauh pergi. Anda tidak perlu membiarkan hal tersebut karena umumnya anjing sekarang sudah banyak yang terlatih dan tidak membutuhkan wilayah kawasan tersebut. Berikut ini sudah ada langkah dan panduan yang bisa Anda ajarkan kepada anjing Anda untuk membuang air pada tempatnya.

Cara Melatih Anjing Untuk Tidak Buang Air Sembarangan

Cara Melatih Anjing Untuk Tidak Buang Air Sembarangan

Panduan Melatih Anjing Untuk Tidak Buang Air Sembarangan

  1. Langkah pertama coba perhatikan anjing Anda saat buang air di tempat kebiasaannya tersebut. Anjing biasanya akan buang air pada tempat yang sama dan terkadang berubah tempat hanya ingin menandai kekuasaannya.
  2. Pada anak anjing (puppy) memang memiliki kandung kemih yang belum bisa menahan terlalu lama untuk kencing sehingga sering banyak ngompol baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Anda juga perlu memperhatikan waktu anjing tersebut untuk buang air, pada anjing normal biasanya akan buang air ketika bangun tidur, selesai makan, dan sesudah berlarian (bermain) di luar rumah.
  3. Setelah Anda memperhatikan beberapa hal tersebut maka tinggal menyesuaikannya dengan kebiasaan baru yang lebih baik.
  4. Ketika anjing membuang air bisa Anda ambil sampel tanah atau daun bekas dia buang air tersebut. kemudian menyiapkan tempat yang seharusnya dia buang air (misalkan bak pasir, koran, atau toilet) lalu tempatkan sampel tanah tersebut pada tempatnya tersebut.
  5. Jangan lupa untuk memperlihatkannya terlebih dahulu di depan anjing dan mengajak anjing Anda untuk datang ke tempat yang sudah disediakan. Hal ini akan membuat gambaran pada anjing tersebut jika harus membuang air di tempat yang sudah disediakan.
  6. Cara melatih anjing untuk tidak buang air sembarangan selanjutnya dengan menaruhnya di dalam kandang setelah melakukan aktivitas tersebut (bangun pagi, setelah makan, dll) selama 30 menit baru kemudian keluarkan dari kandang dan antar ke tempat yang sudah Anda sediakan.
  7. Biasanya jika anjing yang masih tahap awal latihan memang belum mengerti dia harus melakukan hal apa malahan sering sekali mengajak bermain Anda dengan melompat-lompat.
  8. Anda perlu membiarkan anjing Anda dan tetap berdiri di sebelahnya sampai dia menjadi bosan dan teringat jika ingin buang air.
  9. Anjing Anda akan mengenali tempat tersebut karena sebelumnya Anda sudah pernah menaruh kotorannya di tempat tersebut.
  10. Anda bisa mengulangi hal tersebut sampai beberapa kali hingga anjing tersebut memiliki kebiasaan baru untuk membuang air pada tempatnya.
  11. Jangan pernah memindahkan atau membuat tempat lain untuk membuang kotorannya karena Anda harus mengulang latihannya dari awal lagi.

Cara melatih anjing untuk tidak buang air sembarangan memang mudah karena hanya perlu pembiasaan setiap harinya. Anjing akan mengenali satu tempat yang sudah Anda sediakan untuk membuang kotorannya di situ. Jika sudah berhasil akan terlihat memuaskan karena tanpa disuruh anjing langsung datang ke tempat tersebut. Untuk anjing yang normal bisa membutuhkan waktu antara 20 sampai 25 hari agar bisa mambang air pada tempatnya.

baca juga: cara melatih anjing tiarap

Advertisement
advertisement
Cara Melatih Anjing Untuk Tidak Buang Air Sembarangan | rumahpeliharaanadmin | 4.5