Cara Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok Dilihat dari Penyebabnya

Advertisement
advertisement

Cara Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok – Cara Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok Dilihat dari Penyebabnya – Ada banyak sekali penyebab bulu kucing menjadi rontok, hal ini menjadi masalah tersendiri terutama bagi kucing berbulu tebal. Banyak pemilik kucing yang belum tahu apa saja penyebab dan bagaimana mengatasinya sehingga menyebabkan bulu yang rontok malah semakin banyak. Sebagai pemilik anjing, Anda juga dituntut untuk tahu penyebab dari bulu kucing rontok tersebut agar lebih mudah untuk menyelesaikannya. Jika dirasa perlu bantuan yang lebih besar lagi bisa mengunjungi dokter hewan terdekat agar kucing Anda segera mendapatkan perawatan dengan baik.

Cara Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok

Cara Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok

Mengatasi Bulu Kucing dari Penyebabnya

Bulu Kucing yang Rontok Akibat Jamur

Ada beberapa tanda yang terjadi pada kucing Anda jika terjangkit jamur. Selain bulu yang rontok secara tidak normal juga ditandai dengan adanya warna merah atau putih pada kulit kucing tersebut. Tanda ini yang mengindikasikan jika pada kulit kucing tersebut sedang ditumbuhi jamur. Penyebab jamur ini tumbuh bisa dari lingkungan yang kurang layak untuk kucing dan bisa juga diakibatkan dari bulu kucing yang tidak dikeringkan dengan baik setelah mandi. Anda hanya membutuhkan obat anti jamur yang bisa Anda beli di toko hewan, apabila gejalanya sudah serius dan menjalar ke seluruh tubuh kucing sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan terdekat.

Bulu Kucing yang Rontok Akibat Penyakit

Kerontokan pada bulu kucing juga disebabkan karena penyakit yang sedang dialami oleh kucing. Biasanya juga disertai dengan kurangnya nafsu makan kucing atau menurunnya kesehatan kucing. Anda perlu segera membawanya ke dokter terdekat karena jika dibiarkan bisa berakibat semakin buruk terhadap kesehatannya. Masalah penyakit kucing ini memang sangat kompleks dan tidak bisa diatasi dengan mudah maka dari itu untuk cara mengatasi bulu kucing yang rontok karena hal ini bisa membawanya ke dokter hewan. Tanda penyakit ini juga tidak semuanya sama dan penyelesaian yang sama maka dari itu perlu membawanya ke dokter hewan secepatnya.

Bulu Kucing yang Rontok Akibat Salah Produk

Salah produk terutama pada produk mandi kucing juga berpengaruh terhadap kerontokan bulunya. Biasanya terjadi setelah beberapa hari penggunaannya, tanda jika penyebabnya adalah produk yang salah biasanya tidak disertai dengan kondisi kucing yang buruk, hanya pada bulunya saja yang rontok dan pada hari sebelumnya pernah diganti dengan produk tersebut. Cara mengatasi bulu kucing yang rontok yang diakibatkan hal ini hanya dengan mengganti produk tersebut dengan produk yang tepat. Jangan langsung mengaplikasikannya pada kucing Anda, tunggu sampai beberapa hari hingga kerontokannya berkurang baru bisa menggunakan produk baru yang lebih cocok tersebut.

Bulu Kucing yang Rontok Akibat Efek Obat

Tidak hanya dari penyakit dan kesalahan produk tetapi juga dari efek obat. Kucing yang mendapatkan perawatan medis kadang mengalami kerontokan bulunya tetapi tidak sampai parah. Jika kucing Anda sebelumnya mendapatkan perawatan medis yang diberikan obat bisa Anda maklumi, nantinya dengan sendiri akan berkurang kerontokannya setelah penggunaan obat selesai.

Bulu Kucing yang Rontok Akibat Kutu atau Tungau

Tungau atau kutu pada kucing juga menimbulkan masalah baru pada kucing tersebut. Hal ini juga tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa menular ke kucing yang lain (jika memilikinya). Salah satu cara mengatasi bulu kucing rontok ini dengan memberikan obat pembasmi hama tersebut. Biasanya kutu disebabkan karena pengaruh lingkungan kucing tersebut tinggal, Anda perlu menjaga kucing Anda agar tidak terkena masalah seperti ini.

Demikian cara mengatasi bulu kucing yang rontok dengan mudah sesuai dengan penyebabnya. Anda bisa mengatasinya dengan cara sederhana jika penyebabnya tidak terlalu besar, apabila penyebab tersebut menimbulkan gejala yang semakin parah pada kucing sebaiknya datang ke dokter hewan karena tidak ada penyelesaian lain yang lebih cepat untuk mengatasinya.

artikel lain: Penyebab bulu kucing rontok

Advertisement
advertisement
Cara Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok Dilihat dari Penyebabnya | rumahpeliharaanadmin | 4.5