Langkah Cara Mandiin Kelinci yang Benar!

Advertisement
advertisement

Langkah Cara Mandiin Kelinci yang Benar! – Sama seperti peliharaan lainnya, kelinci juga perlu dimandikan untuk menjaga kebersihan dari kotoran dan penyakit. Namun yang perlu kamu ketahui adalah memandikan kelinci dengan cara yang benar. Kelinci mendapat perlakuan khusus karena fisiknya tidak begitu tahan terhadap air ditambah jika salah dalam memandikannya bisa membuat bulunya menjadi rontok.

Cara Mandiin Kelinci

Bagi kamu yang memiliki kelinci apalagi jenis kelinci hias bulu tentu harus memperhatikan dari cara memandikannya yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu jadikan panduan untuk mandiin kelinci tersebut.

Cara Mandiin Kelinci

Cara Mandiin Kelinci

Cara Memandikan Kelinci dengan Benar

  1. Persiapkan alatnya terlebih dahulu seperti sikat, sisir, sabun, ember kecil yang berisi air untuk mandi kelinci tersebut.
  2. Sebaiknya tambahkan sedikit air panas ke dalam ember agar suhunya tidak terlalu dingin karena kelinci bisa berontak jika dimandiin langsung dengan air yang dingin.
  3. Ambil kelincimu dan masukkan ke dalam ember tersebut sambil pelan-pelan mengguyurnya dari depan sampai ke belakang. Bersihkan juga pada bagian sela kaki dan lipatan tubuhnya.
  4. Jika sudah seluruh tubuhnya terbilas, baru ambil sabun mandi khusus hewan (bisa dibeli di pet Shop) kemudian ratakan ke seluruh tubuh kelinci.
  5. Sikat tubuh kelinci tersebut dengan sikat halus agar kotorannya dapat keluar dan menjaga warna bulunya tetap bagus.
  6. Setelah selesai bisa mengambil air hangat baru kemudian baru membilasnya dari bagian muka sampai bagian belakangnya. Usahakan untuk menjangkau lipatan tubuh kelinci ini. cara mandiin kelinci yang total memang seperti itu, harus menjangkau bagian tubuh kelinci yang rawan untuk dijadikan sarang penyakit dan kotoran.
  7. Jika selesai membersihkannya bisa mengangkatnya dan menaruh di atas handuk. Jika kamu memiliki kelinci dari jenis bulu sebaiknya segara mengeringkan dahulu menggunakan handuk tersebut kemudian baru mengeringkan menggunakan hair dryer atau blower.
  8. Cara ini sangat mudah untuk mengatasi timbulnya jamur setelah dimandikan. Kebanyakan pemilik kelinci masih mengkhawatirkan jika peliharaannya akan mudah terjangkit masalah penyakit kulit ini.
  9. Kamu bisa menyisir bulu tubuhnya setiap hari agar bulunya tetap terjaga indah dan lembut.
  10. Cara Mandiin Kelinci

Itulah informasi sederhana dari cara mandiin kelinci dengan benar. Kamu bisa datang ke salon setiap 3 bulan sekali untuk menjaga kecantikan tubuhnya tetap terjaga. Kelinci hanya boleh dimandiin ketika sudah kotor atau pada interval seminggu sekali. Semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kamu dan kelinci peliharaan kamu.

Advertisement
advertisement
Langkah Cara Mandiin Kelinci yang Benar! | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!