Cara Melatih Anjing Agar Diam dengan Perintah

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Agar Diam – Cara Melatih Anjing Agar Diam dengan Perintah – Kadang banyak pemilik anjing yang mengeluhkan jika anjingnya selalu menggonggong, entah ditujukan oleh orang yang baru masuk di rumah atau orang yang hanya lewat di depan rumah. Jika dibiarkan memang akan mengganggu lingkungan sekitar karena suaranya yang berisik. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda pakai untuk mengajarkan anjing tersebut agar diam saat diperintah. Memang tidak mudah karena perlu latihan yang lebih banyak dan memakan waktu yang tidak sedikit. Melatih anjing bukan menjadi perkara yang sulit karena dalam melakukannya akan tampak lebih menyenangkan.

Cara Melatih Anjing Agar Diam dengan Perintah

Cara Melatih Anjing Agar Diam

Langkah dan Cara Melatih Anjing agar Diam Dengan Perintah

Langkah 1 Mengenalkan Perintah Diam

Anjing memang mengenal kata perintah untuk melakukan sesuatu maka dari itu anda bisa memilih perintah yang jelas dan mudah dimengerti oleh anjing misalkan “diam”, “stop”, atau “hush”. Salah satu dari ketiga perintah tersebut juga sering sekali dipakai saat latihan melatih anjing. Kata ini juga perlu anda tekankan saat anjing sedang berisik agar terbiasa mematuhi perintah tersebut. Cara melatih anjing agar diam memang pertama kali harus berawal dari pembiasaan diri.

Langkah 2 Biasakan Saat Anjing Berisik untuk Mendiamkan

Biasanya hal ini terjadi saat waktu makan anjing tiba, kebanyakan pemilik anjing saat akan memberikan makan kepada anjingnya pasti membiarkan anjing tersebut untuk menggonggongi makanannya saat diantar. Hal ini tidak boleh dilakukan karena akan membuat sifat anjing semakin memburuk. Sebaiknya tunggu hingga anjing diam dahulu sambil mengatakan perintahnya kemudian baru berikan makanannya. Hal ini juga termasuk dalam cara melatih anjing agar diam dengan mudah. Mulai dari pembiasaan sederhana akan menjadi kebiasaan yang baik untuk anjing tersebut.

Langkah 3 Ajari dengan Perintah

Setelah pembiasaan berlangsung lancar dan anjing mula menurut bisa melakukan tahap selanjutnya yaitu mengajarinya dengan perintah. Misalkan anjing anda sedang menggonggong orang lain di depan rumah, coba perintahkan untuk diam, jika berhasil bisa memberinya apresiasi berupa camilan anjing. Coba terapkan hal ini sampai beberapa hari karena anjing juga akan terbiasa dengan perintah tersebut. Cara melatih anjing agar diam memang lebih mudah jika menggunakan metode pembiasaan diri karena anjing akan semakin mengenali perintah tersebut dari pembiasaan. Sebetulnya cara ini bisa diajarkan dengan kombinasi latihan anjing berbicara agar bisa diperintahkan sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Langkah 4 Jika Anjing Belum Bisa Melakukannya

Ada baiknya anda perlu mencari tahu penyebab anjing anda gagal dalam pelatihannya, ada beberapa faktor yang kadang mengganjal seperti anjing terlalu agresif, anjing malas belajar, atau konsentrasi anjing tersebut terganggu. Sebagai pemilik tentu tahu penyebab anjing ini karena masing-masing faktor tersebut terdapat cara penyelesaiannya tersendiri. Jika anjing anda terlalu agresif coba ajak jalan-jalan ke tempat yang lebih ramai orang sehingga dia akan berpikir bahwa tidak ada salahnya bertemu dengan orang lain asal mereka tidak mengganggu. Menjalin hubungan yang baik antara anjing dengan majikannya juga sangat penting agar anjing semakin menurut dan menganggap anda paling dominan untuk melatihnya.

Beberapa cara melatih anjing agar diam dengan perintah memang terhitung sangat mudah dibandingkan dengan pelatihan lain. Selain dapat memberikan latihan kepada anjing, anda juga dapat mengatur kepribadian anjing tersebut terutama saat menggonggong kepada orang terdekat anda. Cara ini banyak dilakukan oleh pemilik anjing agar tidak mengganggu lingkungan sekitarnya.

baca juga: cara melatih anjing agar bisa menjaga rumah

Advertisement
advertisement
Cara Melatih Anjing Agar Diam dengan Perintah | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!