Cara Melatih Anjing Agar Tidak Galak dan Agresif

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Agar Tidak Galak – Cara Melatih Anjing Agar Tidak Galak dan Agresif – Sebagian besar anjing memang bersikap agresif dan galak karena pengaruh dari kebiasaannya sehari-hari. Jika Anda memiliki anjing yang masih kecil (puppy) sebaiknya dilatih terus menerus agar nantinya tidak memiliki sifat agresif ini. Sebagai pemilik anjing tentunya ingin memiliki anjing yang mudah diatur dan tidak mengganggu lingkungan. Bila Anda memiliki anjing yang agresif dengan kondisi yang sudah dewasa bisa melatihnya agar lebih bisa dikontrol. Berikut ini sudah dirangkum beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam melatih anjing tersebut karena sifat agresif dari anjing akan berdampak buruk terhadap lingkungan serta pemiliknya.

Cara Melatih Anjing Agar Tidak Galak

Cara Melatih Anjing Agar Tidak Galak

Melatih Anjing Dengan Baik dan Benar

  1. Jika Anda memiliki anjing yang masih kecil sebaiknya untuk terus mengawasinya. Jika masih memiliki induk anjing memang lebih mudah karena induk juga akan mengajarkan hal yang sama pada anaknya. Apabila Anda merawatnya dari kecil tersebut sebaiknya hindari berbuat kasar pada anak anjing tersebut.
  2. Biasanya anjing yang agresif pada masa kecilnya selalu dibiarkan dan tidak mendapat batasan terhadap aktivitasnya. Misalkan anak anjing terus menggigit sandal atau barang di rumah, sebaiknya hindarkan anak anjing tersebut dari barang tersebut dan ganti dengan mainan anjing (chew toy).
  3. Menggigit barang secara sembarangan memang membuat anak anjing menjadi agresif jika dibiarkan terus menerus. Kebiasaan buruk lain juga ada saat jam makan tiba. Ketika Anda membawa makanan anjing tersebut menggonggong dan berusaha meraih makanan tersebut. Anda perlu berhenti sejenak dan jangan biarkan anjing tersebut memakan makanannya, tunggu hingga anjing menjadi tenang dan menurut setelah itu baru berikan makanannya.
  4. Cara melatih anjing agar tidak agresif selanjutnya adalah ketika anjing tersebut menggonggong kepada orang lain yang dikenal sebaiknya segera larang dengan mengatakan “tidak” atau “no” lalu tatap anjing Anda dengan serius sampai dia diam dengan sendirinya. Jangan mengelus anjing ketika sedang menggonggongi orang yang dikenal karena akan membuat sifatnya menjadi lebih agresif.
  5. Tunjukkan jika posisi pemilik lebih dominan daripada anjing tersebut. Anjing akan lebih menurut dan mematuhi perintah Anda. Salah satu caranya bisa dengan membatasi waktu makan anjing. Misalkan hanya 15 menit saja kemudian baru mengambil makanan tersebut walau di dalamnya masih ada makanan.
  6. Hal ini juga dapat membatasi anjing agar lebih tertib dan mematuhi pemiliknya. Beberapa cara lain juga bisa dilakukan melatihnya dalam hal tertentu misalkan bermain lempar tangkap, melatih duduk, berdiri dan tiarap. Dengan melatihnya juga akan menambah kedekatan antara anjing dan pemiliknya

Demikian langkah yang bisa Anda lakukan dari cara melatih anjing agar tidak galak. Memiliki anjing yang menurut dan terlatih memang menjadi impian semua pemilik anjing, maka dari itu Anda perlu membiasakan latihan saat anjing tersebut masih kecil.

Advertisement
advertisement
Cara Melatih Anjing Agar Tidak Galak dan Agresif | rumahpeliharaanadmin | 4.5