Langkah dan Cara Melatih Anjing Berbicara Dengan Mudah

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Berbicara – Langkah dan Cara Mudah Melatih Anjing Berbicara – Anjing memang hewan paling menarik di dunia karena bisa diajak berinteraksi dan dapat dilatih. Kali ini kita akan coba mengajarkan anjing Anda untuk berbicara, berbicara dalam hal ini bukan menggunakan kata manusia tetapi dengan katanya sendiri, biasanya dalam bentuk gonggongan anjing. Baik dari anak anjing sampai anjing dewasa banyak yang bisa diajarkan dan tidak terbatas dari jenis golongan anjing tertentu saja. Anjing akan berbicara ketika kita suruh dan berhenti ketika mendapatkan instruksi untuk berhenti juga. Metode ini diadopsi dari Pusat Pelatihan Anjing Profesional yang bisa Anda gunakan untuk mulai melatih anjing Anda.

Cara Melatih Anjing Berbicara

Cara Melatih Anjing Berbicara

Langkah Cara Melatih Anjing Berbicara

Langkah 1 Coba Pilih Instruksi atau Perintah yang akan Digunakan

Langkah pertama adalah memilih instruksi agar anjing mulai berbicara dan berhenti. Pada sesi ini Anda bisa menggunakan kata “bark”, “speak”, atau “bicara” untuk mulai menggonggong dan kata “stop” untuk menghentikan gonggongan. Anda perlu menyiapkan makanan ringan juga sebagai pujian terhadap anjing tersebut. Selain memilih instruksi Anda juga dapat mencari tahu apa yang menjadi sumber gonggongannya karena jika diberikan perintah dan dia tidak tahu akan berbuat apa akan semakin repot.

Langkah 2 Coba Praktekkan Dengan Perintah

Sebelum menggonggong Anda bisa mengatakan perintah tersebut dan memberikan isyarat tangan atau yang menarik perhatiannya agar menggonggong. Memang lebih sulit dari kelihatannya namun harus dibiasakan untuk mengenal perintah tersebut. Biasanya membutuhkan beberapa hari sampai anjing Anda benar-benar untuk memahami perintah tersebut. Anda bisa memberikan hadiah jika anjing tersebut sudah bisa menggonggong sendiri. Latihan ini tidak membutuhkan waktu lama setiap harinya yang penting rutin dilakukan agar anjing tidak lupa dengan perintah yang sudah diajarkan.

Langkah 3 Perintah “Stop” untuk Berhenti Berbicara

Pada tahap ini yang sering dilakukan pemilik ketika memberikan makanan kepada anjingnya akan membiarkan anjingnya untuk menggonggong. Anda tidak boleh melakukannya karena dampak agresif pada anjing tersebut akan timbul di kemudian hari. Saat memberikan makanan sebaiknya tunggu hingga anjing berhenti untuk menggonggong sambil mengatakan perintah “stop” anjing akan mengenalinya setiap hari dan segera diam karena jika tidak diam dia akan menganggap pemiliknya tidak akan memberinya makanan.

Langkah 4 Biasakan dengan Perintah Tersebut

Langkah terakhir hanya perlu membiasakan latihannya agar anjing tersebut dapat ingat apa yang sudah diajarkannya. Memang tidak mudah mengajari anjing karena memerlukan beberapa hari sampai dia benar-benar memahami perintah dan melakukannya. Ada banyak metode yang bisa dilakukan, Anda dapat menemukannya di internet. Namun dari banyaknya materi tersebut hanya langkah mudah di atas yang dapat mengajarinya lebih efektif. Banyak pelatih yang menyarankan untuk mengajarkan berbagai hal kepada anjing agar memiliki kepribadian yang lebih mudah diatur. Kebanyakan anjing lain yang hanya sekedar di pelihara menjadi anjing yang terlalu agresif.

Mudah untuk mengajarkan banyak latihan dan perintah sekaligus tetapi harus pada tahapnya masing-masing. Anjing akan mengenali satu kata perintah yang terucap jelas sehingga perlu Anda perhatikan untuk mencari kata yang jelas tersebut. Bentuk latihan sederhana ini bisa Anda ajarkan pada anak anjing sekalipun karena semakin muda akan semakin mudah untuk melatihnya. Anda tidak perlu melakukan kekerasan pada anjing Anda karena jika melakukannya malah tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mendapatkan anjing terlatih.

baca juga: cara melatih anjing lempar tangkap bola

Advertisement
advertisement
Langkah dan Cara Melatih Anjing Berbicara Dengan Mudah | rumahpeliharaanadmin | 4.5