Cara Melatih Anjing Penjaga Dengan Mudah dan Sempurna

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Penjaga – Cara Melatih Anjing Penjaga Dengan Mudah dan Sempurna – Banyak yang salah tangkap terhadap anjing penjaga ini karena banyak yang masih mengira bahwa jenis anjing ini memiliki temperamen yang agresif ditambah bisa menyerang orang yang tidak diinginkan ketika masuk ke dalam rumah. Anjing penjaga yang sempurna tidak memiliki karakter seperti itu karena seperti anjing normal lainnya, hanya saja memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi. Anjing penjaga tidak akan menyerang karena hanya mengandalkan gonggongannya saja. Yang perlu dilatih ketika Anda menginginkan anjing penjaga adalah mengetahui orang yang baik dan orang yang bersikap buruk sehingga jika bertemu dengan orang lain akan paham dengan sendirinya.

Berikut ini ada langkah mudah melatih anjing Anda sebagai penjaga yang handal dan mengesankan. Tidak terbatas dari jenis anjing golongan ras saja karena semua jenis anjing bisa dilatih hal yang sama.

Cara Melatih Anjing Penjaga

Cara Melatih Anjing Menjadi Penjaga

Cara Melatih Anjing Penjaga Rumah dan Pemiliknya

Ada dua metode yang bisa mengajari anjing Anda agar menjadi penjaga, yang pertama menggunakan metode alami dan yang kedua dengan menggunakan metode perintah. Berikut ini sudah dirangkum lewat langkah dari masing-masing metode tersebut.

Metode Alami

  1. Persiapkan anjing Anda dan berikan kepercayaan yang tinggi terhadapnya melalui hubungan yang baik dan perlakuan yang baik saat Anda berada di rumah. Semakin lama bersama anjing akan menambah kedekatan antara pemilik dan anjingnya.
  2. Anda harus memahami karakter dan sifat dari anjing Anda karena masing-masing anjing memiliki karakter yang berbeda. Memahami dalam hal ini akan membantu Anda mendapatkan metode yang tepat dalam mengajarinya.
  3. Untuk anjing yang sudah bisa menggonggong akan lebih mudah mengajarinya karena hanya membiasakan untuk menempatkan di depan atau belakang rumah saat malam hari menjelang. Latihan ini juga bisa membantu meningkatkan keberaniannya.
  4. Langkah selanjutnya, jangan pernah membiarkan anjing Anda menggonggong seenaknya. Ketika ada tetangga sekitar rumah Anda dan anjing tersebut menggonggong sebaiknya segera hentikan gonggongan tersebut dengan mengatakan “no” dengan nada yang agak tinggi dengan wajah yang menyeramkan.
  5. Jangan mengelus anjing Anda ketika sedang menggonggong karena hal ini akan lebih memberikan kenyamanan untuk anjing agar terus menggonggong. Dalam cara melatih anjing menjadi penjaga memang tidak mudah karena hanya perlu pembiasaan setiap hari agar anjing mudah mengerti.

Metode Perintah

  1. Untuk cara melatih anjing menjadi penjaga dengan cara ini memang lebih sulit namun bisa memberikan aturan tegas kepada anjing Anda. Dalam latihan kali ini anjing diharuskan mengerti dua perintah yaitu “bark” untuk menggonggong atau “no” untuk diam.
  2. Perhatikan anjing Anda dan cari tahu penyebab dia melakukan gonggongan. Jika sudah diketahui coba ajak untuk mendekat ke penyebab tersebut sambil Anda mengatakan perintah “bark” agar anjing paham jika perintah tersebut digunakan untuk memulai gonggongannya.
  3. Ulangi cara tersebut sampai anjing tersebut cukup paham dengan situasinya. Coba praktekkan ketika berada di dalam rumah untuk mulai menggonggong sesuai dengan aba-aba. Biasanya untuk anjing kebanyakan membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 hari untuk mulai mendapatkan hasil pelatihannya ini.
  4. Sama halnya dengan perintah “no” untuk menghentikan anjing tersebut menggonggong. Biasanya ketika dia menggonggong Anda hanya perlu mengatakan perintah tersebut dan jika anjing Anda mematuhinya bisa langsung memberikan reward atau pujian kepadanya.
  5. Beberapa kebiasaan lain juga perlu Anda perhatikan karena sering sekali bisa menjadi cara efektif dalam melatihnya. Misalkan saat jam makan tiba maka ketika Anda membawa makanan anjing tersebut dia akan menggonggong. Jangan berikan makanan jika dia masih menggonggong, sebaliknya Anda hanya perlu mengatakan “no” sampai anjing Anda benar-benar diam baru bisa memberikan makanannya.
  6. Kedua cara tersebut bisa Anda gabungkan antara satu dengan yang lainnya sehingga bisa menjadi cara melatih anjing menjadi penjaga yang lebih sempurna.

Demikian yang bisa disampaikan dari dua cara melatih anjing penjaga. Banyak anjing yang dapat dilatih menggunakan metode pertama tetapi sebagian orang lain mengatakan banyak juga dengan menggunakan metode kedua. Jangan bermain kasar terhadap anjing Anda karena akan membuatnya semakin takut atau malah menjadi lebih agresif.

baca juga: cara melatih anjing buang air kecil

Advertisement
advertisement
Cara Melatih Anjing Penjaga Dengan Mudah dan Sempurna | rumahpeliharaanadmin | 4.5