Cara Melatih Anjing Tiarap / Down / Flat dengan Mudah

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Tiarap – Cara Melatih Anjing Tiarap / Down / Flat dengan Mudah – Melatih anjing untuk tiarap memang mudah karena yang diperlukan hanya ketekunan dan kesabaran dalam melatihnya. Anjing merupakan peliharaan yang sangat unik sekaligus seru untuk dilatih, maka dari itu Anda perlu mengajarinya untuk bisa bermain dengan Anda lebih jauh. Pada pelatihan kali ini Anda memerlukan perintah yang akan menjadi kode agar anjing mengenali apa yang Anda minta. Misalkan pada melatih anjing tiarap kali ini Anda bisa menggunakan perintah “tiarap”, “down”, atau “flat” perintah bisa Anda sesuaikan yang penting jelas ketika diucapkan dan tidak mengandung lebih dari satu kata. Pada saat melatih anjing memang tidak boleh melakukan hal yang kasar karena akan membuat anjing menjadi lebih depresi.

Cara Melatih Anjing Tiarap

Cara Melatih Anjing Tiarap

Langkah dan Cara Melatih Anjing Tiarap

Langkah 1 Mengenal Tipe Anjing dan Memosisikannya

Ada beberapa tipe anjing yang akan dilatih dan masing-masing memiliki daya tangkapnya tersendiri. Karakter anjing biasanya seperti aktif, sedang, dan pasif. Pada tipe anjing aktif dan pasif memang agak lebih sulit mengajarinya karena pada anjing yang aktif akan lebih senang bermain tanpa adanya konsentrasi saat latihan begitu juga dengan anjing pasif yang tidak mau memperhatikan. Walau begitu cara apapun masih bisa diterapkan pada tiga tipe anjing tersebut. cara melatih anjing tiarap dengan membuat tenang anjing agar tidak bergerak selama beberapa saat kemudian baru memosisikannya pada bentuk anjing tiarap.

Langkah 2 Perkenalkan Perintah dan Berikan Reward

Langkah selanjutnya dengan mengenalkan perintah untuk tiarap, Anda bisa menggunakan salah satu dari ketiga perintah tersebut. Coba posisikan ulang anjing untuk tiarap sambil mengatakan tiarap kemudian berikan reward berupa camilan anjing atau elusan pada kepalanya. Anda perlu mengulangi secara berulang-ulang dengan cara yang sama agar anjing dapat mengenali perintah yang Anda berikan.

Langkah 3 Latihan Lebih Serius

Jika sudah melakukan cara melatih anjing tiarap pada tahap 1 dan 2 secara terus menerus selama seminggu coba untuk memerintahkannya saat keadaan normal. Misalkan anjing sedang berdiri kemudian coba perintahkan untuk tiarap, jika dia menurut bisa diberikan rewardnya. Biasanya masih ada anjing yang belum bisa melakukannya karena belum mengenal perintah yang Anda ajarkan. Anda bisa kembali dari tahap awal.

Langkah 4 Memahami Tipe Anjing yang Susah Diatur

Ada beberapa anjing yang mungkin akan susah untuk diperintah atau diatur. Perlu ditekankan lagi bahwa latihan ini juga sangat baik untuk anak anjing juga karena bisa mengenal berbagai perintah sejak awal. Pada anjing yang tidak menurut memang lebih susah mengajarinya, Anda hanya perlu memahami sifat anjing Anda, misalkan jika terlalu pasif bisa mengajaknya berjalan-jalan atau lebih sering mengajaknya bermain agar bisa kembali aktif dan baru bisa diajarkan tiarap dan perintah lainnya. Cara melatih anjing tiarap memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya agar bisa mendapatkan anjing yang terlatih. Anda juga perlu membiasakan anjing Anda saat diberikan makan agar diam terlebih dahulu sebelum memberikannya agar dalam memberikan perintah bisa lebih jelas.

Demikian langkah-langkah yang sudah disampaikan dari cara melatih anjing tiarap. Anda juga bisa mengajarkan latihan lain seperti lempar tangkap bola, buang air pada tempatnya, sampai betah untuk menjaga rumah. Anjing memang peliharaan yang sangat unik sekaligus menarik untuk dipelihara maka dari itu tidak ada salahnya mengajarkan hal yang baik untuknya agar memiliki sifat yang mudah diatur.

baca juga: cara melatih anjing agar tidak agresif

Advertisement
advertisement
Cara Melatih Anjing Tiarap / Down / Flat dengan Mudah | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!