Tips dan Cara Melatih Anjing yang Penakut

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing yang Penakut – Tips dan Cara Melatih Anjing yang Penakut – Ada beberapa anjing yang digolongkan sebagai anjing penakut karena ketika bertemu dengan orang lain akan terlihat suara kecil serta perilaku yang menunjukkan bahwa anjing tersebut takut. Tidak hanya manusia saja yang ditakuti tetapi juga dari situasi tertentu misalkan saat sendirian di rumah atau ketika dalam kegelapan. Memang tidak memungkiri bahwa sifat ini bisa terjadi pada anjing mana saja karena beberapa penyebab.

Penyebab yang pertama adalah kebiasaan perilaku anjing tersebut yang dibiarkan sejak kecil sampai dewasa sehingga tidak memiliki mental yang cukup untuk menghadapi situasi yang dimaksud. Penyebab lain datang dari tekanan pemilik atau lingkungan sekitar yang membuat anjing menjadi trauma akan sesuatu. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk melatih anjing yang penakut agar memiliki keberanian yang cukup serta dapat melindungi Anda dari ancaman lain.

Cara Melatih Anjing yang Penakut

Cara Melatih Anjing yang Penakut

Langkah Melatih Anjing yang Penakut

  1. Anda perlu mengetahui penyebab ketakutan dari anjing Anda seperti takut kepada manusia atau takut terhadap lingkungan. Jika takut terhadap manusia Anda bisa mengajak anjing Anda untuk sering berjalan-jalan ke taman atau pusat kota yang terdapat banyak orang karena dengan cara ini anjing akan berpikir bahwa tidak masalah jika berada dekat banyak orang selama mereka tidak mengganggu.
  2. Anjing yang takut terhadap lingkungan bisa Anda tempatkan di depan atau belakang rumah (jika memungkinkan) kemudian biarkan berada di depan rumah tersebut. Tentunya anjing tersebut harus mendapatkan perlindungan dari hujan dan pencuri. Indera anjing lebih peka saat malam hari tiba sehingga pergerakan kecil saja bisa membuatnya tetap waspada. Menurut para ahli anjing banyak yang mengatakan bahwa cara ini dapat membangkitkan mental anjing agar lebih berani.
  3. Cara melatih anjing yang penakut selanjutnya adalah dengan mengelompokkan dengan anjing pemberani lain. Misalkan tetangga atau saudara Anda ada yang memiliki anjing yang pemberani maka perlu dikelompokkan selama beberapa hari sampai timbul keberanian sendiri terhadap lingkungan maupun manusia. Anjing akan lebih belajar cepat dari anjing lain karena sudah menjadi sifat kelompok untuk mengasah keberaniannya.
  4. Sebetulnya anjing yang penakut memang didasari dari kebiasaan sehari-hari yang terlalu dimanja dan terlalu dekat dengan majikannya. Maka dari itu perlu memberikan jarak tertentu misalkan saat malam menempatkannya di depan rumah sebagai penjaga atau menambah anjing lain agar dapat saling menjaga satu sama lainnya.
  5. Metode yang lain bisa juga dengan mengajaknya ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, misalkan danau, hutan, atau pantai. Tempat yang baru akan membuat anjing menjadi mudah bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan secara cepat. Hal ini juga mampu menambah keberaniannya untuk menghadapi situasi yang sedang dialami oleh anjing.

Demikian cara melatih anjing yang penakut dengan mudah. Anda bisa mulai membiasakan kebiasaan baru tersebut agar anjing dapat memahami lingkungannya lebih baik lagi. Sebetulnya hanya perlu latihan kecil saja untuk membangkitkan mental anjing menjadi lebih berani agar dapat diandalkan untuk menjaga rumah atau pemiliknya.

Advertisement
advertisement
Tips dan Cara Melatih Anjing yang Penakut | rumahpeliharaanadmin | 4.5