Cara Memandikan Kucing Berbulu dan Kucing Biasa

Advertisement
advertisement

Cara Memandikan Kucing – Cara Memandikan Kucing Berbulu dan Kucing Biasa – Sudah selayaknya jika kucing mendapatkan perawatan dari pemiliknya. Dengan merawatnya juga akan menghindarkan kucing dari penyakit maupun kotoran yang mengganggu. Untuk kucing yang berbulu ketika mandi memang membutuhkan peralatan tersendiri dibandingkan dengan kucing pada umumnya karena untuk menjaga kebersihan dan bulunya agar tidak rontok. Jika Anda belum tahu cara memandikannya dengan benar bisa melihat langkah berikut ini. Banyak pemilik kucing yang masih belum bisa memandikan kucing dengan benar sehingga menyebabkan bulu kucing menjadi rontok atau masalah penyakit lainnya.

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing Berbulu

Kucing berbulu ini biasanya dari jenis Persia atau Anggora yang sering di pelihara oleh masyarakat Indonesia karena bulunya yang halus serta lembut. Untuk memandikan kucing jenis ini memang perlu hati-hati dan cara yang tepat agar bulunya tidak rontok.

  1. Anda bisa menyiapkan peralatan mandi untuk kucing tersebut, sebaiknya menggunakan air yang tidak terlalu dingin untuk mencegah kucing kabur.
  2. Basahi bulu kucing dari bagian belakang sampai bagian depannya ke seluruh tubuh kucing tersebut sampai rata dengan sedikit memijat secara pelan.
  3. Setelah itu ambil sampo khusus kucing dan ratakan ke seluruh tubuh dari bagian kaki, leher, bulu bagian bawah dan belakang. Anda bisa menggosokkan tangan Anda pada bagian yang rawan kotoran seperti kuku jari kucing dan bagian kupingnya.
  4. Baru Anda bisa membilasnya sampai bersih. Usahakan untuk menggunakan air yang mengalir ketika membilas bulu kucing agar kotoran tidak masuk lagi ke dalam bulu kucing tersebut.
  5. Pada pembilasan ini harus sampai bersih dan terbebas dari sabun agar nantinya tidak menimbulkan masalah kesehatan pada kucing.
  6. Anda bisa memberikan handuk dan mulai mengeringkannya, usahakan untuk menggunakan handuk yang halus tetapi bisa menyerap air dengan baik. Pada saat ini memang tidak harus sampai kering total karena masih ada tahap selanjutnya
  7. Cara memandikan kucing berbulu yang terakhir hanya tinggal mengeringkan bulunya dengan air dryer tetapi usahakan jangan terlalu dekat karena bulu kucing lebih sensitif untuk rusak dibandingkan dengan rambut manusia. Atau jika Anda memiliki blower bisa menggunakannya karena blower menggunakan sistem angin yang juga dapat mengeringkan sampai ke dasar bulu.
  8. Usahakan untuk mengeringkannya ke seluruh tubuh kucing dan tidak ada bagian yang lembab lagi karena bisa menimbulkan masalah jamur atau penyakit pada kucing.

Cara Memandikan Kucing Biasa

Bukan hanya kucing berbulu saja yang membutuhkan peralatan khusus karena pada kucing biasa juga sama. Peralatan tambahan seperti sampo khusus kucing dan sikat dengan bulu yang halus juga diperlukan agar dapat membersihkan bulunya secara merata. Anda bisa melihat langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Anda bisa menyiapkan beberapa peralatan yang diperlukan untuk mandi kucing. Sebaiknya jangan menggunakan produk untuk manusia kepada kucing karena bisa berpengaruh pada kesehatan kulit dan bulunya.
  2. Bersihkan kucing Anda secara merata dari ujung ekornya sampai bagian mukanya. Bersihkan juga pada bagian yang tidak terjangkau oleh kucing seperti di dalam telinga, bagian muka, dan sela-sela jarinya.
  3. Setelah itu aplikasikan sampo pada tubuh kucing secara merata dan ulangi membersihkan bagian sebelumnya.
  4. Sikat pelan-pelan menggunakan sikat khusus yang sudah disediakan sebelumnya untuk membersihkan kotoran atau kutu yang menempel.
  5. Bilas secara merata dari ujung kepalanya sampai ujung ekornya sampai bersih dan tidak meninggalkan jejak sabun yang masih menempel.
  6. Usahakan untuk menjangkau bagian sela-sela kaki kucing karena sering kali kutu bersarang di tempat ini.
  7. Setelah selesai bisa mengangkatnya dan mengeringkannya dengan handuk. Jika Anda ingin membersihkan kucing Anda secara menyeluruh bisa menggunakan hair dryer agar kucing dapat kering seluruhnya. Apabila masih basah akan menyebabkan timbulnya jamur dan masalah penyakit lainnya.

Demikian cara memandikan kucing dengan mudah, Anda kini bisa memandikan jenis kucing apapun karena masing-masing mendapatkan perlakuan mandi yang berbeda. Harap diperhatikan lagi jika harus mengeringkan badan kucing sampai benar-benar kering untuk menghindari timbulnya jamur dam masalah kulit lainnya.

 

baca juga : tips memelihara kucing

Advertisement
advertisement
Cara Memandikan Kucing Berbulu dan Kucing Biasa | rumahpeliharaanadmin | 4.5