Cara Membuat Kandang Kelinci dan Tips Membeli Kandang yang Baik

Advertisement
advertisement

Cara Membuat Kandang Kelinci – Cara Membuat Kandang Kelinci dan Tips Membeli Kandang yang Baik – Sudah selayaknya jika kelinci mendapatkan tempat tersendiri untuk beristirahat atau menjaganya dari predator. Kandang kelinci ini memang berfungsi besar untuk hal tersebut. Kandang untuk kelinci sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandang dalam rumah dan kandang luar rumah. Jika Anda ingin memberikan fasilitas kandang dalam rumah sebaiknya mencari kandang dengan tipe yang mudah dibersihkan karena kelinci dalam sehari bisa mengeluarkan kotoran yang banyak. Untuk bau juga perlu Anda perhatikan juga jika ingin menempatkannya dalam rumah. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin akan berguna untuk membuat dan memilih kandang yang tepat bagi kelinci Anda.

Cara Membuat Kandang Kelinci

Cara Membuat Kandang Kelinci

Cara Membuat Kandang Kelinci dan Cara Membeli Kandang Kelinci

Tips Membeli Kandang

  1. Tips jika Anda ingin membeli kandang kelinci sebaiknya memperhatikan dari sisi ukuran dan kualitasnya. Kelinci bukan hewan yang agresif sehingga kandang jenis apapun (kayu atau besi) akan cocok untuk kelinci tersebut.
  2. Di pasaran kandang hewan sendiri ada dua jenis kandang yaitu kandang dalam rumah dan luar rumah.
  3. Jika Anda ingin membeli kandang luar rumah sebaiknya mencari yang selanya semakin rapat untuk menghindarkan dari serangan predator.
  4. Untuk kandang dalam rumah yang perlu diperhatikan adalah soal kebersihannya, pilih kandang dengan pintu yang cukup besar dan bagian bawahnya terdapat rongga untuk keluarnya kotoran agar tidak terinjak oleh kelinci.

Kandang Kelinci Biasa

Cara membuat kandang kelinci biasa memang sangat mudah karena hanya perlu menyediakan bahan saja dan dirakit menjadi sebuah kandang kelinci yang bagus. Tidak perlu dengan ukuran yang besar tetapi jika ingin membuat ukuran yang ideal untuk kelinci tersebut butuh luas 10 kali dari ukuran kelinci Anda. Sama halnya dengan spesifikasi kandang yang lainnya, kelinci butuh pintu kandang yang berukuran cukup besar agar memudahkan untuk mengeluarkan dan memasukkan kelinci ke dalam kandang. Pastikan kembali keamanannya agar benar-benar bisa terhindar dari pemangsanya.

Kandang Kelinci Terbuka

Jika Anda tertarik bisa juga menyediakan kandang terbuka. Maksudnya kandang terbuka adalah tidak memiliki atap. Hanya perlu pagar pembatas saja agar kelinci tidak keluar. Cara ini bisa dilakukan dan dibuat di dalam rumah (bagian belakang rumah atau halaman) yang terhindar dari predatornya. Kelinci akan mudah berkeliaran ke sana kemari dengan lincahnya. Kelebihan kandang ini juga bisa menjadi habitat alami bagi kelinci, jika di bawahnya langsung adalah tanah maka biasanya kelinci akan membuat lubang dan bersarang di dalamnya. Memang sangat mudah untuk membuat kandang jenis ini untuk kelinci Anda.

Cara Membuat Kandang Kelinci

Cara Membuat Kandang Kelinci

Kandang Kelinci Bertingkat

Cara membuat kandang kelinci selanjutnya dengan model bertingkat. Seperti membuat kandang kelinci biasa namun dibuat bertingkat dan terdapat tangga dari bawah yang mengarah pada bagian atasnya tersebut. Tidak hanya seru untuk dilihat namun akan memberikan kesan yang mewah. Di dalam kandang tersebut bisa ditambahkan berbagai hiasan dan interior untuk tempat bermain kelinci tersebut.

Beberapa konsep kandang dan cara memilih kandang kelinci yang tepat tersebut bisa menjadi alternatif untuk Anda pakai sebagai panduan. Cara membuat kandang kelinci memang sangat mudah karena hanya perlu bahan yang digunakan dan keahlian sedikit dalam bidang pembuatan tersebut. Semoga bisa membantu Anda mendapatkan kandang kelinci seperti yang Anda inginkan.

Advertisement
advertisement
Cara Membuat Kandang Kelinci dan Tips Membeli Kandang yang Baik | rumahpeliharaanadmin | 4.5