Tips dan Cara Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir

Advertisement
advertisement

Cara Merawat Anak Kelinci – Tips dan Cara Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir – Anak kelinci yang baru lahir memang sangat rentan sekali dengan penyakit yang menyerang. Tidak hanya itu saja, jika perlakuan pada anak kelinci tersebut tidak benar juga akan membuatnya sangat riskan terhadap kematian. Pada kesempatan kali ini akan membahas banyak hal tentang cara merawat anak kelinci yang tepat dan berbagai tips yang akan berguna bagi anak kelinci yang baru lahir tersebut.

Cara Merawat Anak Kelinci

Cara Merawat Anak Kelinci

Memang sangat menyenangkan jika peliharaan sampai beranak karena akan sangat lucu dan menarik. Bagi Anda yang masih pemula dan baru saja merawat kelinci sebaiknya perlu memperhatikan hal di bawah ini agar meningkatkan persentase keselamatan bagi anak kelinci untuk tubuh dan berkembang dengan baik.

Tips Cara Merawat Anak Kelinci

  1. Jika kelinci Anda baru saja beranak sebaiknya jangan menyentuhnya sampai umur satu Minggu untuk menjaga kebersihan dan menghindarkan anak kelinci dari masalah lain. Biarkan anak kelinci tersebut bersama dengan induknya agar tetap hangat dan tercukupi nutrisinya (susu induknya).
  2. Setelah memasuki Minggu kedua bisa Anda cek bagian tubuhnya dan pastikan tidak ada masalah seperti kotoran atau bagian tubuh yang terluka. Pada Minggu kedua ini, sedikit demi sedikit bulu anak kelinci tersebut akan mulai tumbuh. Jangan terlalu sering menggendongnya karena akan membuatnya semakin rentan terhadap bahaya kematian.
  3. Pada anak kelinci sebaiknya perlu dikondisikan agar lingkungan kandang dan sekitarnya tetap bersih dan terjaga dari kotoran induknya.
  4. Jangan memberi sayuran atau rerumputan sembarangan karena akan menimbulkan masalah pencernaan bagi anak kelinci.
  5. Cara merawat anak kelinci selanjutnya dengan memberikan pelet khusus anak kelinci yang dibuat dari rumput khusus yang dikeringkan.
  6. Pada Minggu keempat baru bisa mengenalkan makanannya dengan berbagai jenis rumput dan sayuran. Sebaiknya lebih sering memberikan wortel sebagai makanan utamanya karena nutrisi pada wortel tersebut mengandung banyak sekali zat yang dibutuhkan oleh anak kelinci.

Demikian informasi dan tips yang bisa dibagikan seputar cara merawat anak kelinci yang baru lahir. Anda bisa melihat referensi lain karena pada dasarnya merawat anak kelinci memang membutuhkan ketelitian dan perhatian yang sangat besar. Beberapa langkah tersebut juga dapat menekan persentase angka kematian bagi anak kelinci yang baru lahir tersebut.

Advertisement
advertisement
Tips dan Cara Merawat Anak Kelinci yang Baru Lahir | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!