Cara Merawat Anak Kucing (Kitten) Dari Lahir Sampai Dewasa

Advertisement
advertisement

Cara Merawat Anak Kucing – Cara Merawat Anak Kucing (Kitten) Dari Lahir Sampai Dewasa – Anak kucing memang lebih rentan terhadap penyakit yang menyerang ditambah lagi perlu perawatan khusus untuk meningkatkan kemungkinan hidupnya lebih tinggi lagi. Pada anak kucing biasa yang baru lahir memang membutuhkan perawatan khusus apalagi yang ditinggal oleh induknya. Survei sudah membuktikan bahwa tingkat kehidupan anak kucing tersebut sekitar 50% saja yang berarti bergantung dari cara perawatannya. Banyak pemilik kucing yang tidak mengetahuinya sehingga anak kucing menjadi mati. Berikut ini sudah dirangkum beberapa tips dan langkah mudah untuk merawat anak kucing yang baru lahir sampai dewasa.

Cara Merawat Anak Kucing

Cara Merawat Anak Kucing

Anak Kucing yang Masih dengan Induknya

Perhatikan Berat Badan

Perhatikan berat badan saat pertumbuhan anak kucing tersebut. Pada kondisi baru lahir biasanya memiliki berat yang sangat ringan bergantung dari ukurannya juga. Dari waktu ke waktu akan bertambah berat badannya sendiri yang membuatnya semakin berkembang dan gemuk. Jika berat badan tidak bertambah pasti ada kesalahan saat merawatnya sehingga perlu Anda perhatikan lagi. Biasanya dalam satu Minggu bisa bertambah 400 gram berat badannya untuk kucing yang normal.

Pertumbuhan Anak Kucing

Pada masa pertumbuhannya anak kucing tersebut membutuhkan nutrisi yang dibutuhkan serta perawatan yang diperlukan. Salah satu contohnya adalah membersihkan kotorannya jika masih membuang kotorannya sembarangan. Bayi kucing yang baru lahir memiliki mata yang sangat sensitif dan hanya bisa terbuka dengan sendirinya. Jangan pernah memaksa untuk membuka mata kucing tersebut karena akan menyebabkan kebutaan. Saat masih pertumbuhan ini memang diperlukan kucing untuk lebih berkembang dengan baik.

Waspada pada Penyakit Kucing

Dalam cara merawat anak kucing yang selanjutnya juga bisa dengan memperhatikan kesehatannya. Anak kucing yang baru lahir memang sangat rentan terhadap penyakit yang menyerang. Anak kucing tersebut membutuhkan penghangat seperti alas yang empuk agar terhindar dari suhu yang dingin. Jika diperlukan Anda bisa membuat penghangat kucing dari lampu Bulp yang berwarna kuning sebagai penghangatnya. Jika diperlukan penanganan yang lebih serius lagi bisa membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan dan vaksin.

Anak Kucing yang Ditinggal Induknya

Berikan Susu Pengganti

Cara merawat anak kucing yang ditinggal induknya memang sedikit berbeda dengan anak kucing biasa. Induk kucing biasanya akan memperlakukan anaknya dengan baik sampai bisa tumbuh dengan sempurna. Salah satu yang diperlukan anak kucing adalah susu yang bisa didapatkan dari induknya, lalu bagaimana mendapatkan susu penggantinya? Anda bisa mengunjungi toko kucing yang menyediakan susu formula atau bisa dengan membuatnya dari susu formula untuk bayi. Nutrisi dalam susu tersebut dibutuhkan kucing selama masa pertumbuhan awalnya.

Cara Merawat Anak Kucing : Bersihkan Kotorannya

Ketika masih ada induk kucing memang akan membersihkan kotoran dari anaknya, namun jika tidak ada maka Anda yang perlu membersihkannya. Ketika membuang kotoran tersebut bisa langsung dibersihkan menggunakan kain yang basah atau tisu basah agar terhindar dari penyakit yang menempel. Jika sudah semakin dewasa bisa Anda ajarkan untuk membuang kotoran pada kotak pasir yang sudah disediakan sebelumnya.

Melatih Anak Kucing Buang Kotoran di Tempatnya

Cara merawat anak kucing yang sudah agak dewasa bisa diajari dengan hal ini. Kucing secara alami akan menempatkan kotorannya pada daerah yang berpasir atau bertanah lunak yang kering. Itu sebabnya mengapa kucing selalu membuang kotorannya di pasir. Anda perlu menyiapkan tempat kotoran ini, jika masih membuang kotoran secara sembarangan bisa mengambil kotoran tersebut dan memasukkannya ke dalam kotak yang sudah disediakan. Anak kucing akan mencium bau dan mulai membuang kotorannya pada tempat tersebut.

Itulah beberapa langkah mudah dalam cara merawat anak kucing dengan baik. Anda perlu berhati-hati karena anak kucing sangat rentan sekali dengan suhu ruangan. Apabila terlalu dingin bisa Anda tambahkan kain yang lebih serta penghangat untuk anak kucing tersebut. Beberapa latihan lain juga bisa Anda ajarkan kepada kucing Anda untuk lebih baik lagi.

 

baca juga: cara menjinakkan kucing

Advertisement
advertisement
Cara Merawat Anak Kucing (Kitten) Dari Lahir Sampai Dewasa | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!