Panduan Cara Merawat Bayi Kucing Baru Lahir atau Baru Didapatkan

Advertisement
advertisement

Cara Merawat Bayi Kucing – Panduan Cara Merawat Bayi Kucing Baru Lahir atau Baru Didapatkan – Anak kucing lebih rentan untuk dipelihara karena jika salah merawatnya saja bisa berakibat fatal pada anak kucing tersebut. Menurut survei beberapa web, tingkat kematian anak kucing hanya 50 persen saja ketika baru dilahirkan sehingga tergantung perlakuan induk atau pemiliknya yang membuatnya tetap hidup dan bertambah dewasa. Kucing dalam sekali melahirkan bisa mengeluarkan 2 sampai 6 anak kucing sekaligus sehingga jika Anda memiliki induk kucing yang ingin melahirkan sebaiknya menyiapkan peralatan seperti tempat kardus datar lengkap dengan kain yang sudah tersedia. Kadang yang menjadi masalah adalah ketika induk kucing tidak ada atau mati karena anak kucing butuh perawatan lebih untuk mendapatkan nutrisi pertamanya.

Cara Merawat Bayi Kucing

Cara Merawat Bayi Kucing

Cara Merawat Bayi Kucing Dengan Induknya

Jika masih ada induknya tidak akan masalah karena anak kucing tersebut akan mendapatkan susu dari induknya. Anda hanya tinggal merawatnya dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan. Berikut langkah yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk merawat bayi kucing yang masih bersama dengan induknya.

  1. Jika baru lahir sebaiknya biarkan saja dekat dengan induknya, Anda bisa menyiapkan tambahan kain agar kondisi anak kucing tetap hangat.
  2. Sebaiknya siapkan kotak anak kucing yang terbuat dari kardus atau plastik dengan ukuran yang mampu memuat seluruh anak kucing beserta dengan induknya. Hal ini untuk menjaga agar induk tidak memindahkan anaknya ke tempat lain.
  3. Jika diperlukan bisa Anda tambahkan lampu bohlam di atas tempat tersebut dengan jarak yang cukup. Hal ini untuk menambah kehangatan pada lingkungan anak kucing. Memang benar jika anak kucing lebih rentan terhadap suhu yang terlalu dingin karena juga bisa membunuhnya.
  4. Saat lahir mata anak kucing akan tertutup rapat dalam jangka waktu 5 sampai 10 hari sampai terbuka sendiri. jangan pernah membuka mata anak kucing ini dengan memaksanya karena akan menimbulkan kebutaan. Anak kucing memiliki mata yang masih rentan untuk mendapatkan cahaya sehingga perlu beberapa hari hingga matanya terbuka dengan sendirinya.
  5. Di dekat kotak anak kucing tersebut sebaiknya menyediakan kotak pasir untuk tempat membuang kotoran induk kucing. Agar tidak berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan jarak yang lumayan jauh.
  6. Jika sudah berjalan memang baru bisa memberikannya makan untuk anak kucing sehingga hanya perlu menyediakannya saja.

Cara Merawat Bayi Kucing Tanpa Induknya

Tanpa induk memang sedikit merepotkan karena Anda diwajibkan mencari nutrisi lain sebagai pengganti susu dari induknya. Beberapa produk bisa Anda beli di toko hewan seperti susu formula anak kucing dan makanan kecil untuk anak kucing. Selain nutrisi pengganti, beberapa hal lain seperti peralatan dan kandangnya juga perlu Anda siapkan sebelumnya.

  1. Jika Anda mendapatkan anak kucing sebaiknya segera tempatkan pada kotak yang sudah dilengkapi dengan kain hangat. Usahakan menempatkannya pada lokasi yang terhindar dari bahaya atau suhu dingin yang mengganggu.
  2. Perilaku induk kucing akan membersihkan kotoran yang dikeluarkan oleh anaknya maka sebagai penggantinya Anda harus membersihkannya. Anda bisa menggunakan tisu basah atau kain yang sudah dibasahi dan tinggal mengusapkannya pada lubang kotoran tersebut.
  3. Langkah selanjutnya hanya menyapih atau memberikan susu kepada kucing. Mulut anak kucing memang lebih kecil dari kelihatannya sehingga perlu cara tersendiri agar bentuknya sama dengan milik induknya.
  4. Anda bisa menggunakan selang kecil atau menggunakan pipet. Dengan cara begitu bisa memudahkan kucing untuk mendapatkan nutrisinya.
  5. Biarkan sampai beberapa hari agar kucing menjadi terbiasa dengan lingkungannya, nantinya ketika mata kucing mulai terbuka sendiri akan bisa berjalan dengan sendirinya.
  6. Anda hanya perlu memberikan Suu tersebut selama sehari 5 kali atau bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kucing Anda.
  7. Pada Minggu ketiga bisa Anda mandikan dan menambahkan makanan berat pada kucing tersebut.

Itulah beberapa cara merawat anak kucing dengan benar. Jika Anda berhasil melewati satu bulan pertamanya akan meningkatkan masa hidup anak kucing tersebut. Anda hanya perlu mengajari untuk membuang kotoran pada tempatnya dan banyak hal lain yang lebih seru. Merawat anak anjing tanpa induk memang lebih sulit dari anak kucing yang masih memiliki induknya.

Advertisement
advertisement
Panduan Cara Merawat Bayi Kucing Baru Lahir atau Baru Didapatkan | rumahpeliharaanadmin | 4.5