Cara Merawat Bulu Kucing Persia, Anggora, dan Jenis Kucing Lainnya

Advertisement
advertisement

Cara Merawat Bulu Kucing – Cara Merawat Bulu Kucing Persia, Anggora, dan Jenis Kucing Lainnya – Memelihara kucing tidak sebatas memberikan makanan dan mengajaknya bermain saja karena sebagai pemilik diwajibkan untuk merawat dan memelihara kucing tersebut dengan baik. Tidak hanya dari perawatan kesehatannya saja karena pada perawatan bulu dan bagian lainnya juga sangat penting untuk dijaga. Pada jenis kucing yang berbulu tebal memerlukan perawatan khusus agar bulunya tetap terjaga sehat dan tidak mudah rontok. Banyak ancaman yang setiap saat mengincar bulu kucing tersebut sehingga Anda perlu lebih hati-hati dalam memperhatikannya. Tentunya dengan perawatan yang tepat ditambah perlakuan yang semestinya akan menghindarkan bulu kucing dari masalahnya.

Cara Merawat Bulu Kucing

Cara Merawat Bulu Kucing

Memandikannya Dengan Benar

Bagi kucing bulu tebal memerlukan perhatian khusus saat memandikannya, baik dari peralatan yang digunakan sampai dengan cara yang benar juga perlu diperhatikan. Saat memandikannya sebaiknya jangan menggunakan produk untuk manusia karena akan membuat bulu dan kulitnya menjadi iritasi. Anda bisa mengguyur kucing dari bagian depan ke bagian belakang sampai pada bagian bulu yang sering kotor. Memandikan kucing juga tidak boleh dilakukan setiap hari untuk menjaga pertumbuhannya semakin baik. Jika saat memandikannya terdapat bulu yang rontok semakin banyak sebaiknya segera memeriksa penyebabnya agar langsung bisa mengetahui cara penyelesaiannya.

Perhatikan Saat Mengeringkan Bulu Kucing

Cara merawat bulu kucing selanjutnya ketika sudah dimandikan lalu harus dikeringkan sampai sempurna. Banyak masalah penyakit yang menyerang bulu kucing yang disebabkan oleh kesalahan ini. Anda bisa mengeringkan menggunakan handuk terlebih dahulu dari bagian depan sampai bagian belakangnya, jangan sampai lupa untuk menjangkau bagian kucing yang rawan kotor. Setelah menggunakan handuk tersebut bisa langsung menggunakan hair dryer atau blower khusus kucing agar proses pengeringannya semakin cepat. Jika bulu kucing tidak kering secara maksimal akan menyebabkan tumbuhnya jamur dan penyakit terutama pada bagian yang sulit terjangkau oleh kucing.

Berikan Nutrisi Makanan

Dukungan pemberian nutrisi yang tepat juga menunjang pertumbuhan bulu kucing dengan baik. Anda perlu menyiapkan makanan yang sarat gizi untuk kucing karena makanan juga sangat berpengaruh pada bulu kucing yang dihasilkan. Beberapa makanan bisa Anda pilih dari makanan kucing kering sampai makanan buatan yang bisa Anda buat dari campuran daging dan telur. Pastikan kucing Anda mendapatkan nutrisi yang sesuai agar tidak terjadi masalah kesehatan padanya.

Grooming yang Tepat

Cara merawat bulu kucing selanjutnya dengan proses grooming yang tepat. Grooming atau istilahnya adalah perawatan bulu pada hewan. Baik dari hewan kelinci sampai kucing yang memiliki bulu yang tebal memang wajib untuk melakukan grooming. Anda bisa menyisir bulu kucing yang lebat tersebut dengan sisir yang agar lebar, pastikan tidak ada bulu yang saling menempel karena akan menyebabkan bulu kucing menjadi gimbal. Pada bulu bagian kepalanya juga perlu untuk dirapikan sehingga membutuhkan peralatan tersendiri untuk menyelesaikannya. Dengan grooming yang tepat akan membuat kesehatan kucing menjadi terjaga juga. Walau kebanyakan pemilik kucing sudah memiliki peralatan groomingnya sendiri tetapi sebetulnya bisa menggunakan peralatan untuk manusia juga.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cara merawat bulu kucing anggora, Persia dan lainnya. Anda tidak perlu ragu lagi untuk melakukannya sendiri tanpa bantuan ahli karena mudah dalam melakukannya. Alat grooming bisa Anda beli di toko hewan terdekat atau jika ingin menipiskan dana untuk kucing Anda bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah karena memiliki fungsi yang sama.

 

Advertisement
advertisement
Cara Merawat Bulu Kucing Persia, Anggora, dan Jenis Kucing Lainnya | rumahpeliharaanadmin | 4.5