Cara Merawat Kelinci Baru Lahir Agar Tidak Cepat Mati

Advertisement
advertisement

Cara Merawat Kelinci Baru Lahir – Cara Merawat Kelinci Baru Lahir Agar Tidak Cepat Mati – Kelinci yang baru lahir memang sangat rentan terhadap penyakit di sekitar kandang ataupun yang di bawa dari tangan manusia. Itulah sebabnya mengapa penting sekali untuk menjaga dan merawat kelinci baru lahir ini dengan tepat. Selain dari faktor penyakit menjadi hambatan masih ada masalah lain seperti suhu yang tidak stabil dan ancaman predatornya. Sebagai pemilik kelinci ini wajib hukumnya untuk menjaga dan merawat anak kelinci dengan sangat baik. Berikut ini sudah disiapkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kelinci tersebut dari makanan sampai membersihkan tubuhnya juga.

Cara Merawat Kelinci Baru Lahir

Cara Merawat Kelinci Baru Lahir

Cara Merawat Kelinci dengan Benar

  1. Jangan menyentuh anak kelinci yang baru lahir karena kulitnya masih rentan terhadap penyakit yang timbul dari tangan Anda. Sebaliknya Anda bisa menggunakan sarung tangan karet jika diperlukan untuk cek kondisi anak kelinci tersebut.
  2. Selama beberapa hari biarkan untuk mendapatkan nutrisi dari induknya karena anak kelinci yang baru lahir akan secara rutin menyusui induknya. Perlahan-lahan bulunya akan timbul dengan sendirinya.
  3. Bersihkan kandang dan hindarkan dari kotoran induknya, Anda juga bisa menambahkan kain untuk sebagai penghangat anak kelinci tersebut.
  4. Makanannya sendiri memang perlu diberikan untuk induknya saja karena anak kelinci masih belum bisa makan sendiri, hanya mengandalkan susu dari induknya.
  5. Pada usia 2 sampai 3 minggu biasanya anak kelinci sudah mampu untuk makan sendiri,Anda bisa memberikan sayuran segar atau rumput kering sebagai makanan awalnya. Jangan pernah memberikan sayuran atau buah yang mengandung getah seperti mangga dan kangkung karena akan membuat pencernaannya menjadi terganggu.
  6. Anda bisa mengganti kain yang terpakai, minuman, dan membuang sisa makanan yang sudah tidak dimakan lagi.
  7. Jika kelinci sudah berumur 1 bulan lebih bisa dipelihara seperti memelihara kelinci pada umumnya.
  8. Untuk tahap pemeliharaannya sendiri tidak boleh dimandikan dahulu karena tubuhnya yang rentan juga tidak terlalu tahan terhadap air yang dingin.
Cara Merawat Kelinci Baru Lahir

Cara Merawat Kelinci Baru Lahir

Cara merawat kelinci yang baru lahir memang butuh kesabaran dan ketelitian yang ekstra karena jika salah sedikit saja bisa berakibat fatal. Nantinya anak kelinci akan tumbuh dengan sendirinya dan mulai berlarian ke sana kemari untuk mengambil makanannya sendiri. untuk usia di atas 2 bulan bisa mengajaknya ke pekarangan agar bisa berlarian ke tempat yang luas dengan tetap mengawasinya.

Advertisement
advertisement
Cara Merawat Kelinci Baru Lahir Agar Tidak Cepat Mati | rumahpeliharaanadmin | 4.5