Tips Cara Merawat Kucing Anggora Dari Kecil Sampai Dewasa

Advertisement
advertisement

Cara Merawat Kucing Anggora – Tips Cara Merawat Kucing Anggora Dari Kecil Sampai Dewasa – Kucing jenis anggora memang bukanlah kucing yang biasa karena termasuk salah satu jenis kucing hias. Banyak yang tidak menyangka jika seharusnya kucing anggora ini memerlukan perawatan yang lebih dan berbeda dari kucing kebanyakan. Jika Anda seorang pemula dan ingin memelihara kucing anggora tersebut tidak perlu khawatir lagi karena ada banyak hal yang bisa Anda berikan kepada kucing Anda tersebut.

Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing Anggora

Berikut ini ada tips dan langkah merawat kucing anggora dari kecil sampai dewasa. Tentunya untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhannya semakin lebih baik lagi. Di Indonesia sendiri ada banyak pemilik kucing anggora saat ini, maka dari itu ada banyak tips juga yang didapatkan dari mereka.

Cara Merawat Kucing Anggora Baru Lahir

Untuk anak kucing anggora yang baru lahir sebaiknya untuk mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dahulu selama masa kehamilan dari induk kucing anggora.

  1. Persiapkan peralatan untuk anak kucing nantinya seperti kain yang hangat, wadah untuk anak kucing (bisa menggunakan tempat tidur kucing), nutrisi pengganti (jika tidak ada induknya), dan berbagai keperluan lainnya.
  2. Anak kucing anggora yang baru lahir memiliki mata yang sangat rentan untuk mendapatkan cahaya yang lebih saat dilahirkan, maka dari itu dua Minggu setelah dilahirkan akan menutup matanya, jangan pernah untuk membukanya karena akan menyebabkan bahaya kebutaan bagi anak kucing tersebut.
  3. Saat anak kucing lahir segera pindahkan ke tempat yang nyaman dan hangat agar udara yang dingin atau udara yang terlalu panas tidak mengganggu kondisi anak kucing tersebut. menurut penelitian sendiri setidaknya angka kehidupan bagi anak kucing yang baru lahir hanya sebatas 50% saja, itulah mengapa sangat membutuhkan perawatan awalnya.
  4. Saat 3 minggu pertama jangan sering untuk menggendongnya dikarenakan anak kucing masih rentan terhadap penyakit yang mungkin dibawa oleh tangan Anda.
  5. Makanan bagi anak kucing bisa menggunakan susu formula buatan yang banyak dijual di toko hewan peliharaan jika tidak ada induknya.
  6. Pada saat masa kelahiran ini tidak perlu memandikannya, tunggu sampai anak kucing anggora tersebut benar-benar sudah dewasa.
  7. Bersihkan bagian pantatnya dan beberapa bagian yang rawan kotoran seperti pada telinga, daerah luar mata, dan kakinya menggunakan tisu basah.
Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Kucing Anggora

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

Jika anak kucing anggora Anda sudah beranjak lebih dewasa yaitu berumur 1 bulan sampai 3 bulan bisa melakukan perawatan di bawah ini. Cara merawat kucing anggora selanjutnya bisa Anda lihat berikut ini.

  1. Untuk kucing anggora yang sudah agak besar bisa diberikan makanan buatan yang dibuat dari daging ayam atau ikan yang masih segar. Jika hal itu terlalu merepotkan bisa menggantinya dengan makanan kucing biasa.
  2. Perhatikan kondisi dan berat badan anak kucing anggora pada usia ini karena lebih rentan terhadap masalah penyakit yang datang. Untuk itu Anda perlu memantau setidaknya dalam kurun waktu seminggu sekali.
  3. Berikan gizi makanan yang seimbang untuk kucing Anda tersebut agar menghindari masalah pencernaan dan mendukung pertumbuhan bulunya menjadi lebih baik lagi.
  4. Untuk perawatan grooming bisa juga dilakukan pada umur ini karena untuk mendukung perawatan dan pertumbuhan bulunya juga sangat penting dari awal. Anda bisa memandikan kucing Anda setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kebersihannya.
  5. Berikan dan ajarkan permainan yang bisa dilakukan oleh anak kucing ini agar memiliki siat yang lebih aktif dan tanggap jika diajak berinteraksi dengan manusia.
  6. Ajarkan juga untuk membuang kotoran dan kencingnya pada tempatnya (seperti di litter Box atau koran)

Cara Merawat Kucing Anggora Dewasa dan Perawatannya

Untuk kucing anggora dewasa memang tidak begitu sulit dalam perawatannya. Anda hanya memerlukan perhatian yang lebih untuk kucing anggora Anda. Kondisi tubuhnya, perkembangan bulunya, karakteristiknya, sampai bahasa kucing juga perlu Anda pahami.

  1. Kucing anggora dewasa memang memerlukan nutrisi yang lebih pada makanannya dan membutuhkan perawatan bulunya yang lebih intensif. Hal ini untuk menjaga perkembangannya agar tetap sehat dan ceria.
  2. Cara memandikan kucing dewasa yang tepat juga bisa menjadi masalah jika salah dalam melakukannya. Anda perlu memandikan dengan peralatan yang tepat ditambah dengan pengeringan tubuhnya yang harus total.
  3. Cara merawat kucing anggora dewasa ini juga bisa mendatangi salon khusus kucing yang akan memberikan perawatan lebih kepada kucing Anda.
  4. Sebaiknya hindari makanan kering pada kucing dewasa karena akan menyebabkan banyak masalah pencernaan jika tidak tepat. Anda bisa membuat makanan kucing tersebut sendiri dengan bahan alami dan masih segar.
  5. Untuk 2 hari sekali setidaknya membersihkan bulu bagian dalamnya, memotong kukunya agar tidak tajam, merapikan bulu pada bagian muka dan kakinya.
  6. Latih kucing Anda untuk semakin lebih baik lagi dalam berinteraksi dengan manusia.

Demikian informasi yang bisa disampaikan dari cara merawat kucing anggora dari kecil sampai dewasa. Tentunya dengan perawatan yang tepat akan membantu Anda mendapatkan kucing yang sehat dan ceria. Semoga bisa membantu dan jangan lupa untuk terus berbagi informasi ini kepada orang lain yang membutuhkan.

Advertisement
advertisement
Tips Cara Merawat Kucing Anggora Dari Kecil Sampai Dewasa | rumahpeliharaanadmin | 4.5