Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Bagi Pemula

Advertisement
advertisement

Cara Merawat Kucing – Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Bagi Pemula – Kucing adalah peliharaan yang menyenangkan sekaligus seru jika dipelihara. Baik saat mengajaknya bermain sampai memperhatikannya bergerak memang menjadikan suatu hal yang menarik. Sebagai pemilik kucing apakah yang sudah Anda lakukan sampai saat ini yang terbaik untuk kucing Anda? Baik dari perawatan sampai cara pemeliharaannya dengan benar? Tentu masih ada kekurangan dari cara tersebut, menurut survei sendiri banyak yang mengatakan dampak buruk yang dialami oleh kucing berasal dari perawatan yang tidak benar dari pemiliknya dan sebagian kecil lainnya hanya dari pengaruh lingkungan kucing saja. Berikut ini bisa menambah referensi kepada Anda untuk mendapatkan tips dan cara memelihara kucing dengan baik dan benar.

Cara Merawat Kucing

Cara Merawat Kucing

Perlengkapan Kucing

Tempat Tidur Kucing

Persiapan pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan tempat tidur kucing. Walau kucing sudah memiliki bulu yang tebal tetapi tidak memungkiri jika tidurnya masih membutuhkan tempat yang hangat dan empuk. Sama halnya dengan manusia karena pada kucing juga membutuhkan tidur yang efektif dan nyaman sehingga perlu mempersiapkan tempat tidur untuk kucing ini. Anda bisa mencari referensi di website ini tentang bagaimana cara mudah dalam membuat tempat tidur kucing karena bisa dibuat dari perlengkapan yang ada di sekitar Anda. Walau kelihatan tidak penting namun banyak pemilik kucing yang menyediakan perlengkapan ini.

Kotak Pasir Kucing

Cara merawat kucing dengan benar memang harus menyediakan kotak pasir yang bisa digunakan kucing untuk membuang kotorannya. Kucing secara alami akan mencari tempat yang berpasir atau bertanah lembek sebagai tempatnya membuang kotoran. Hal ini dilakukan karena kucing termasuk hewan yang bersih, dia akan berusaha menutup kembali kotorannya dengan benda lain di sekitarnya. Jika Anda menyediakan kotak pasir ini di rumah Anda maka tidak akan sulit untuk membersihkan kotorannya. Yang Anda perlukan hanya kotak pasir berukuran sebesar kucing Anda kemudian biarkan pada sudut ruangan yang sering dilewati kucing tersebut. Pada keadaan normal, kucing biasa bisa membuang kotoran selama 3 kali dalam sehari.

Tempat Makan Kucing

Tempat makan khusus juga diperlukan untuk peralatan merawat kucing karena tempat ini dikenali sebagai wadah makannya sehari-hari. Tempat makan kucing bisa Anda sediakan dengan membelinya di toko peliharaan atau membuatnya sendiri dari bahan bekas yang ada di sekitar Anda. Jangan terlalu tinggi karena kucing juga membutuhkan kenyamanan saat memakan makanannya. Biasanya pemilik kucing kebanyakan sudah menyediakan tempat makan khusus dan tempat minum untuk kucingnya.

Mainan Kucing

Cara memelihara kucing tidak dengan memberikan makanannya saja karena kucing juga membutuhkan hiburan. Ada banyak permainan yang bisa Anda beli atau buat sendiri untuk kucing peliharaan Anda. Mainan ini akan menambah keseruan bermain dengan kucing sehingga akan menambah kedekatan antara kucing dengan pemiliknya. Beberapa permainan yang biasanya disukai kucing adalah tali atau tangkap bulu yang bisa Anda buat dengan cara sederhana. Anda juga harus memperhatikan keamanan permainan tersebut agar tidak melukai kucing peliharaan Anda.

Kandang Kucing

Bagi pemilik kucing biasanya juga menyediakan kandangnya sebagai tempat tidur atau tempat membawa kucing untuk bepergian. Tentunya dengan kandang tersebut akan lebih membantu untuk membawanya. Kandang juga dapat berfungsi sebagai rumah kucing di dalam rumah karena biasanya dia membutuhkan tempat yang sesuai dengan ukurannya untuk bersembunyi atau bermain sendiri. kandang yang diperlukan yang memiliki ketiga sisi yang tertutup dan hanya pada pintunya saja yang bisa melihatnya. Hal ini memang disesuaikan dengan kepribadian dari kucing tersebut.

Perlengkapan Bulu Kucing

Bulu kucing apalagi dari jenis kucing berbulu lebat memang memerlukan peralatan khusus dalam perawatannya. Hal ini berguna untuk mendukung perkembangan bulu kucing semakin baik dan terhindar dari masalahnya. Perlengkapan bulu kucing ini bisa Anda beli di toko hewan atau penyedia peralatan kucing lainnya. Bagi beberapa pemilik kucing memang menjadi masalah sendiri untuk merawat bulu kucing sebagai prioritas utama mereka.

Cara Merawat Kucing

Cara Merawat Kucing

Perawatan Bulu Kucing atau Grooming

Cara Memandikan Kucing

Tidak semua kucing memiliki cara yang sama dalam memandikannya karena berbeda kucing akan berbeda cara memandikannya. Anda perlu memahami jenis kucing Anda sendiri untuk mendapatkan cara yang tepat. Peralatan mandi untuk kucing tidak boleh disamakan dengan peralatan mandi manusia karena bisa menyebabkan dampak yang tidak dinginkan. Beberapa kasus banyak yang menyebutkan jika kulit kucing menjadi iritasi atau bulu kucing menjadi rontok. Itulah mengapa sangat penting sekali menyediakan kebutuhan kucing sesuai jenisnya.

Mengeringkan Bulu Kucing dengan Benar

Sesudah memandikan kucing maka langkah selanjutnya hanya tinggal mengeringkan dengan cara yang benar. Jika tidak kering dengan total akan membuat masalah baru seperti timbulnya penyakit pada kucing atau timbulnya jamur pada bagian tertentu kucing. Anda bisa menggunakan handuk kering yang halus dan bisa menyerap air dengan cepat sampai agak kering. Langkah selanjutnya bisa mengeringkan dengan hair dryer atau menggunakan blower angin untuk mengeringkannya secara menyeluruh. Hal ini juga termasuk dalam cara merawat kucing dengan benar karena tidak semua pemilik kucing tahu akan hal ini.

Cara Merawat Kucing : Perawatan Bulu Kucing yang Pendek

Kucing yang memiliki bulu yang lebih pendek juga mendapat perlakuan khusus untuk merawat bulunya yaitu dengan menyisirnya. Sisir yang digunakan harus lebih rapat dan searah dengan tumbuhnya bulu kucing tersebut. Anda juga bisa menambahkan palm Oil yang sudah diteteskan ke kain kemudian mengusapkannya pada bulu kucing agar lebih mengkilat. Walau terlihat mudah namun tetap harus hati-hati.

Perawatan Bulu Kucing yang Panjang

Bulu kucing yang panjang dan berkembang memang memiliki tingkat kesulitan tersendiri ketika merawatnya. Perawatan pada bulu ini bisa dengan menyisirnya dengan sikat yang lebih lebar lagi sela-selanya sambil membersihkan bagian yang mudah kotor. Pada kucing jenis anggora atau Persia memang membutuhkan perawatan khusus agar bulunya dapat terjaga lebih halus dan lembut.

Perawatan Kucing Sakit

Sebagai pemilik kucing wajib hukumnya untuk menjaga kesehatan dan memperhatikan kucing Anda setiap hari. Penyakit dan masalah kucing memang tidak bisa diprediksi kapan akan datang maka dari itu butuh kepekaan Anda dalam mengetahuinya. Ada beberapa gejala penyakit kucing yang mudah diatasi seperti bulu kucing rontok, bulu kucing gundul, atau kucing mencret bisa diatasi dengan mudah. Namun jika Anda ragu dengan bagaimana cara menyelesaikannya bisa mengunjungi dokter hewan terdekat. Perhatikan dari lingkungan kucing Anda berada dan makanan yang baik untuk menunjang perkembangannya.

Vaksinasi Pada Kucing

Pada setiap beberapa bulan sekali kucing membutuhkan vaksin agar terhindar dari masalah penyakit yang melanda. Vaksin juga dapat menambah kekebalan tubuh kucing agar semakin meningkat karena pengaruh cuaca dan lingkungan yang berubah akan berpengaruh juga pada kesehatannya. Anda bisa datang ke pusat perawatan hewan atau dokter hewan terdekat untuk mendapatkan vaksin ini.

Cara Merawat Kucing

Cara Merawat Kucing

Membersihkan Kucing secara Menyeluruh

Membersihkan Telinga kucing

Pembersihan badan kucing tidak hanya dilakukan saat memandikannya saja tetapi juga saat kucing Anda dalam keadaan kering. Bagian yang sering kotor dan dipenuhi pengganggu berada di telinga kucing. Bagian ini juga tidak bisa dijangkau oleh kucing sehingga membutuhkan bantuan dari pemiliknya untuk membersihkannya. Cara merawat kucing yang benar memang membutuhkan langkah yang tepat untuk mendapatkan peliharaan yang sehat dan lincah.

Membersihkan Area Muka Kucing

Selain daerah telinga kucing ada bagian lain yang perlu dibersihkan seperti area muka kucing. Mulai dari bawah kelopak matanya sampai hidungnya perlu dibersihkan agar terhindar dari kotoran dan penyakit. Pada bagian gusi dan gigi kucing juga perlu Anda lihat karena kebanyakan kucing mudah terjadi iritasi pada bagian tersebut sehingga perlu Anda bersihkan juga menggunakan sikat khusus untuk kucing.

Perawatan Kuku Kucing

Anda mungkin tidak ingin kucing Anda merusak peralatan di rumah seperti sofa atau tempat tidur karena kuku kucing ini. selain dapat melindungi perabotan tersebut ternyata cara merawat kucing satu ini juga dapat menghindarkannya dari penyakit. Kucing dalam aktivitasnya memang sering sekali menggunakan kukunya sehingga mudah untuk terjangkit penyakit. Dengan memotong kukunya dengan cara yang benar akan meningkatkan kesehatan dan pertubuhannya.

Memilih Makanan untuk Kucing

Kucing merupakan hewan predator atau karnivora yang memakan makanan dari jenis hewan lain. Anda perlu menyiapkan makanan dengan gizi yang dibutuhkan oleh kucing tersebut untuk pertumbuhan bulu dan tubuhnya. Makanan juga berpengaruh besar terhadap kesehatannya sehingga perlu Anda perhatikan lebih jauh. Beberapa makanan pilihan juga bisa Anda buat sendiri dengan bahan tertentu, jika tidak cocok untuk kucing biasanya akan mencret dan perlu Anda ganti dengan makanan yang lainnya.

Beberapa cara merawat kucing dengan benar dan baik tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda gunakan. Banyak ahli perawatan kucing sendiri yang merekomendasikan cara ini untuk digunakan agar mendapatkan kucing yang sehat dan selalu riang. Melihat kucing yang lucu dan sehat tersebut memang idaman bagi semua pemilik kucing.

baca juga : cara merawat anak kucing

Advertisement
advertisement
Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Bagi Pemula | rumahpeliharaanadmin | 4.5