Cara Merawat Sugar Glider Lengkap Dari Makanan Sampai Memeliharanya

Advertisement
advertisement

Cara Merawat Sugar Glider Lengkap Dari Makanan Sampai Memeliharanya – Tren baru sekarang ini yang membuat banyak orang memelihara Sugar Glider. Hewan kecil imut dan lucu ini memang mengundang banyak minat orang untuk memelihara. Bentuknya mirip sekali seperti tikus namun pada bagian antara tangan dan kakinya terdapat selaput kulit yang dapat membantunya untuk terbang.

Jika Anda berminat untuk memelihara dan merawat Sugar glider ini di rumah bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini karena merawat Sugar glider juga tidak sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar peliharaan satu ini tidak cepat mati.

Cara Merawat Sugar Glider

Cara Merawat Sugar Glider

Cara Memelihara Sugar Glider yang Tepat

Sebelum Membeli Sugar Glider

  1. Sebelum mulai memelihara hewan ini perlu diperhatikan bahwa Anda harus memiliki waktu yang bisa digunakan untuk merawat Sugar glider. Hal ini dimaksudkan karena jika tidak dirawat akan membuatnya cepat mati.
  2. Jika Anda ingin memelihara Sugar glider ini usahakan untuk menyediakan kandang yang cukup besar karena hewan ini memiliki sifat yang aktif dan bergerak ke sana kemari.
  3. Anda perlu mengetahui lebih banyak dari sifat dan karakteristik Sugar glider untuk memudahkan pemeliharaannya.
  4. Jika ingin membeli Sugar glider sebaiknya menghindari jenis Sugar glider Wild Caught (ditangkap langsung dari alamnya) karena kebanyakan hewan ini akan mudah mati karena berbeda habitatnya secara langsung. Hal ini sering terjadi ketika baru membeli Sugar glider selama dua atau tiga hari kemudian hewan tersebut mati. Penangkapan dari hutan juga terkadang membawa penyakit atau kondisi cacat pada hewan tersebut, sebaiknya mencari Sugar glider yang berasal dari peternakan.
  5. Jangan membeli Sugar glider dengan usia di bawah 1.5 bulan. Iming-iming ingin membelinya dengan harga yang murah namun sering kali mengalami kematian dini jika membelinya dengan usia tersebut. pilih Sugar glider dengan usia di atas 1.5 bulan atau yang paling bagus adalah 2 bulan.
  6. Pilih Sugar glider dengan kondisi fisik yang bagus, lincah, aktif, anggota tubuh masih lengkap, giginya tidak dipotong, atau bulunya sering rontok.
  7. Jika dirawat dengan benar maka Sugar glider bisa hidup 10 sampai 14 tahun dengan makanan dan perawatan yang tepat. itulah mengapa membutuhkan komitmen yang tinggi untuk merawatnya tersebut.

Sesudah Membeli Sugar Glider

  1. Cara merawat Sugar glider selanjutnya ketika baru saja dibeli adalah menyediakan minuman dengan kondisi selalu bersih. Minuman untuk Sugar glider ini bisa diambil dari air putih matang dan jangan pernah memberikannya air keran karena masih mengandung bahan kimia.
  2. Pada awal pengenalannya biarkan Sugar glider tanpa adanya gangguan selama 2 sampai 3 hari dan juga agar terbiasa dengan lingkungan barunya.
  3. Anda bisa menempatkan pakaian bekas Anda di sekitar kandang agar peliharaan Anda satu ini dapat mengenali bau Anda dengan cepat.
  4. Perkenalkan Sugar glider dengan dot khusus hamster atau marmut karena sudah sifatnya menjadi manja jika ingin memberikan nutrisi tambahannya.
  5. Tempatkan kandang Sugar glider tersebut di area yang aman dan bebas dari gangguan, jauhkan juga dari pengaruh hewan lain seperti ayam, anjing, atau kucing karena bisa membuatnya kaget dan stres.
  6. Sugar glider dapat beradaptasi dengan lingkungannya selama beberapa Minggu bahkan hitungan bulan dengan penyesuaian Anda terhadap Sugar glider tersebut.
  7. Jika Sugar glider mengalami sakit akan terlihat dari kondisinya dan tingkah laku yang tidak biasa. Anda butuh cara untuk segera menyelesaikan penyakitnya tersebut.
  8. Jika kuku Sugar glider terlalu panjang bisa dipotong dan dirapikan karena jika tidak bisa membuat jari kakinya tersangkut pada pouch dalam kandang.
  9. Perilaku dan kondisi menurun pada Sugar glider seperti bulu banyak yang rontok, terlihat terlalu stres, ada banyak kutu, dan masalah lainnya hanya bisa diselesaikan oleh dokter hewan. Maka dari itu Anda perlu mengajaknya setidaknya 3 bulan sekali untuk memeriksa kondisinya.
Cara Merawat Sugar Glider

Cara Merawat Sugar Glider

Cara Merawat Sugar Glider

Berbeda dengan peliharaan umumnya karena Sugar glider butuh perhatian yang ekstra. Hewan ini termasuk arboreal yang hidup di hutan dengan intensitas aktivitasnya untuk melompat dan berpindah tempat. Itulah mengapa butuh kandang dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu Anda juga perlu memantau kesehatan fisik maupun mental dari Sugar glider tersebut, itulah mengapa Anda perlu menambahkan banyak mainan dan menyediakan tempat tidur untuk Sugar glider ini.

Cara merawat Sugar glider memang tidak sebatas memberikan makannya saja tetapi juga perlu memperhatikannya lebih jauh. Untuk memberikan makanannya tidak terlalu sulit karena Sugar glider termasuk dalam jenis omnivora yang menyukai banyak makanan termasuk serangga dan buah-buahan. Jika Sugar glider Anda sering menggigit bagian kandang atau ranting di dalam kandangnya itu merupakan hal yang normal terjadi karena Sugar glider berusaha untuk membersihkan giginya.

Kandang Sugar Glider

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kandang dari Sugar glider ini perlu disediakan dengan ukuran yang cukup besar. Dalam kandang perlu ditambahkan potongan kayu, daun kering, ranting, mainan Sugar glider, sampai tempat tidur Sugar glider. Hal ini untuk menjaga agar mental dari Sugar glider tersebut tidak stres. Tingkah lakunya dalam kandang pun juga akan aktif dengan sendirinya. Perhatikan kebersihan dan kondisi kandang agar tetap nyaman untuk di tempati oleh Sugar glider.

Cara Merawat Sugar Glider

Cara Merawat Sugar Glider

Makanan Sugar Glider

Untuk makanannya memang beragam dan beberapa perusahaan sudah membuat jenis makanan untuk Sugar glider ini. hewan yang termasuk dalam golongan omnivora ini bisa memakan apapun selama seleranya masih ada. Dari buah-buahan sampai serangga pun juga tidak lepas dari selera makannya. Ada buah yang disarankan untuk menjadi makanan Sugar glider ini yaitu pepaya karena mengandung banyak kalsium dan mencegah timbulnya hind leg paralysis. Anda bisa menyela dengan makanan buatan atau sesekali memberikan serangga seperti jangkrik atau laron. Jika memberikan makanan yang tepat akan membuat kondisinya semakin lebih baik lagi.

Menjinakkan Sugar Glider

Tidak hanya cara merawat Sugar glider saja namun juga perlu cara bagaimana bisa menjinakkan Sugar glider dengan cepat. Beberapa tahap sudah diterangkan sebelumnya namun ada hal yang lebih spesifik yang perlu disampaikan.

  1. Sugar glider merupakan hewan asli dengan habitat liar di hutan, jika Anda membeli dari jenis tangkapan memang lebih sulit dan lama untuk menjinakkannya.
  2. Biarkan Sugar glider yang baru dibeli dalam kandang selama 2 hari dan tidak boleh diganggu (hanya boleh memberikan makanan dan minuman saja)
  3. Kemudian coba ajak bicara Sugar glider Anda agar bisa mengenali suara Anda dengan baik. Anda juga bisa menempatkan pakaian bekas Anda dekat kandang agar Sugar glider akan terbiasa dengan bau tubuh Anda.
  4. Jangan terlalu sering memegang Sugar glider pada awal bulan memeliharanya karena bisa membuatnya paranoid dan semakin takut dengan Anda. Coba berikan mainan yang bisa membuatnya terbiasa dengan kedatangan Anda sebelum mulai memegangnya.
  5. Butuh hitungan mingguan bahkan bulanan sampai Sugar glider benar-benar lengket dengan Anda, maka dari itu perlu kesabaran dan ketelatenan yang ekstra dari Anda.
  6. Menambah mainan untuk Sugar glider ini juga akan mempercepat kedekatan Anda dengan hewan peliharaan Anda ini.

Itulah beberapa hal yang bisa disampaikan dari cara merawat Sugar glider dengan benar. Dari makanan sampai mainannya sudah dibahas total, kini Anda bisa mulai memelihara hewan lucu satu ini di rumah tanpa ragu. Semoga bisa membantu Anda dalam memelihara Sugar glider dengan baik.

 

Advertisement
advertisement
Cara Merawat Sugar Glider Lengkap Dari Makanan Sampai Memeliharanya | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!