Tips Memelihara Kucing Persia Agar Sehat dan Lincah

Advertisement
advertisement

Tips Memelihara Kucing Persia Agar Sehat dan Lincah – Memiliki hewan peliharaan memang sangat mengasyikkan apalagi dapat diajak bermain dan berinteraksi dengannya. Salah satu hewan yang menarik tersebut adalah kucing jenis Persia. Siapa sih yang tidak kenal dengan kucing jenis satu ini? Kucing jenis Persia dikenal memiliki keindahan bulunya yang lembut ditambah mukanya yang sangat lucu tentu akan membuat semua orang ingin memilikinya. Bagi Anda yang memiliki kucing jenis Persia tersebut sebaiknya perlu mengetahui cara memeliharanya yang tepat karena jika salah sedikit saja bisa berdampak buruk pada kondisi kucing tersebut.

Kucing Persia

Kucing Persia

Itulah mengapa kucing Persia juga membutuhkan perawatan khusus dan pemberian fasilitas yang cukup juga untuk menunjang perkembangan dan kesehatannya lebih baik lagi. Berikut ini sudah disiapkan beberapa tips dari rumahpeliharaan untuk memelihara kucing Anda.

Memandikan Kucing Persia

Cara memandikan kucing memang menjadi hal yang paling kontroversial bagi pemilik kucing berbulu. Bagaimana tidak? Jika salah memandikannya saja akan menghilangkan keindahan dan kelucuan dari kucing tersebut. Pasti sebagai pemilik kucing tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi pada kucing Persia Anda bukan? Berikut ini ada tips tepat untuk memandikan kucing Persia tersebut.

  1. Pilih dan persiapkan peralatan mandi yang tepat. peralatan ini termasuk busa, sikat halus, sisir, sabun khusus kucing dan handuk untuk kucing tersebut.
  2. Jangan pernah menggunakan air yang dingin untuk memandikan kucing Persia Anda karena akan membuatnya lari dan berontak saat dimandikan. Anda bisa mempersiapkan air hangat terlebih dahulu untuk memandikannya.
  3. Bersihkan bagian yang rawan kotor seperti kaki kucing, telinga, sekitar mata, bagian dalam kucing, dan ekor kucing. Bersihkan merata dari depan sampai ke belakang baru bisa membilasnya dengan air bersih yang mengalir.
  4. Bilas sampai sabun yang dipakai semuanya bersih, kemudian baru bisa mengangkatnya dan mengeringkannya menggunakan handuk.
  5. Kucing Persia merupakan jenis kucing berbulu yang perlu dikeringkan secara total agar bulunya tidak menjadi lembab dan menjadi sarang jamur atau kuman.
  6. Anda bisa menggunakan hairdryer dan dilanjutkan dengan blower angin agar pengeringannya berjalan lancar dan tuntas.
Kucing Persia

Kucing Persia

Makanan Kucing Persia

Untuk makanan kucing jenis Persia ini tidak jauh berbeda dengan kucing kebanyakan tetapi usahakan untuk mencukupi nutrisinya secara seimbang agar kesehatannya dapat terjaga. Cara memelihara kucing Persia dengan memberikan makanan yang baik seperti di bawah ini:

  1. Setidaknya selama sebulan sekali memberikan makanan daging atau ikan yang masih segar untuk menjaga pencernaannya tetap lancar.
  2. Jika Anda memberikan makanan kering sebaiknya ditambahkan sekitar dua sendok teh minyak zaitun untuk dua hari sekali agar mencegah kucing jenis Persia sembelit.
  3. Tidak hanya golongan makanan dari daging ayam dan ikan saja, Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti labu untuk menjaga nutrisinya juga.
  4. Jika dirasakan kucing jenis Persia akhir-akhir ini sering merasakan mencret atau susah buang air besar bisa menghentikan penggunaan makanan sebelumnya.

Peralatan Khusus Kucing Persia

Memelihara kucing jenis Persia bukan asal memberikan makanan dan memandikannya saja tetapi Anda juga perlu melengkapi peralatan yang dibutuhkan oleh kucing jenis Persia tersebut seperti peralatan mandi, peralatan bermain, tempat tidur kucing, kandang yang nyaman, litter Box, dan tempat makannya. Peralatan tersebut sangat mendukung perkembangannya semakin lebih baik lagi. Pada kucing yang hanya dipelihara saja akan tampak lebih lemas dan tidak begitu bisa diajak berinteraksi dengan baik. Itulah mengapa menjadi sangat penting sekali untuk fungsi peralatan tersebut.

Perawatan Bulu dan Tubuhnya

Hampir sama dengan kucing anggora karena kucing jenis Persia juga membutuhkan perawatan bulu (grooming) secara berkala. Banyak masalah yang ditimbulkan jika Anda tidak melakukan grooming tersebut seperti bulu yang lebat mengganggu pencernaan dan pernafasan dari kucing Persia, bulu kucing yang tidak terawat, sampai munculnya berbagai masalah pada bulu kucing tersebut. Berikut ini ada langkah untuk merawat kucing Persia tersebut:

  1. Persiapkan alat untuk Grooming dari sisir, sikat, gunting, dan lainnya.
  2. Rapikan bulu pada daerah wajahnya kemudian dilanjutkan dengan merapikan bulu bagian kaki dan bagian dalam dari kucing Persia tersebut.
  3. Bersihkan bagian telinga dan sekitar mata karena sering sekali kotor.
  4. Gunting bagian kukunya agar tidak terlalu tajam ketika diajak bermain.
  5. Sisir secara menyeluruh dari bagian depan sampai bagian belakangnya.
  6. Jika banyak bulu yang rontok bisa melihat penyebabnya terlebih dahulu karena ada banyak sekali faktor yang menyebabkan masalah tersebut.

Itulah beberapa cara merawat kucing jenis Persia yang bisa Anda ketahui. Tidak banyak pelik kucing yang bisa telaten untuk melakukan perawatan tersebut sehingga pada kucingnya sendiri tidak maksimal untuk ditampilkan. Jika Anda terlalu repot untuk melakukan hal tersebut bisa datang ke salon kucing Persia terdekat di kota Anda.

 

 

Advertisement
advertisement
Tips Memelihara Kucing Persia Agar Sehat dan Lincah | rumahpeliharaanadmin | 4.5