Penyebab dan Mengatasi Kucing Susah Buang Air Besar

Advertisement
advertisement

Kucing Susah Buang Air Besar – Penyebab dan Mengatasi Kucing Susah Buang Air Besar – Kucing juga bisa mengalami masalah pencernaannya seperti susah buang air besar. Masalah ini disebabkan dari banyak faktor yang membuat pencernaan kucing menjadi terganggu. Susah buang air besar atau yang biasa disebut dengan konstipasi ini tidak boleh diremehkan begitu saja, harus segera diketahui penyebabnya dan cara mengatasinya. Berikut ini sudah ada banyak informasi yang dikumpulkan jika kucing Anda sedang mengalami konstipasi tersebut. sebelum menginjak langkahnya ketahui dahulu apa yang harus Anda lakukan ketika kucing mengalami konstipasi.

Kucing Susah Buang Air Besar

Kucing Susah Buang Air Besar

Selalu perhatikan kotoran kucing, ketika kucing membuang kotorannya setiap hari memang perlu diperhatikan karena apa yang menjadi makanannya akan menjadi kotorannya. Jadi ketika kucing hanya sedikit saja membuang kotoran ada kemungkinan jika kucing Anda sedang mengalami hal ini.

Atur makanan kucing dengan baik, atur juga makanan kucing dengan baik karena komposisi air, serat, dan makanan perlu seimbang untuk kucing. Maka dari itu jangan hanya memberikan makanan kering saja karena bisa membuatnya susah buang air besar.

Perhatikan kondisi kucing, jika akhir-akhir ini kucing Anda merasa lesu dan tidak bersemangat juga menjadi penanda bahwa kucing tersebut sedang susah buang air besar. Kondisi ini juga membuat kucing semakin turun kekebalannya sehingga mudah tersedang penyakit. Beberapa gejala susah buang air besar lain seperti kesulitan ketika buang air besar, hilangnya nafsu makan, berat badan yang turun, rasa lesu, dan terkadang sampai muntah.

Penyebab Kucing Susah Buang Air Besar dan Cara Mengatasinya

Makanan

Penyebab kucing susah buang air besar yang pertama dari makanannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk mengatasi hal ini tinggal mengolah jenis makanan yang lebih baik. Jangan hanya memberikan makanan yang terlalu kering atau terlalu lunak karena akan membuat pencernaan kucing tersebut bermasalah. Sebaiknya cari alternatif untuk mengatur gizi pada makanan kucing tersebut, pastikan juga agar kucing meminum minumannya dengan baik. Beberapa cara yang bagus untuk mencegah kucing ini bermasalah adalah dengan menambahkan satu sendok teh minyak zaitun pada makanan kucing. Minyak ini mengandung vitamin E yang baik juga untuk kucing serta dapat mencegah kucing susah buang air besar. Anda juga bisa mengganti makanan kering ke makanan kaleng yang lebih banyak mengandung air.

Penyakit

Jika ada banyak pertanda lain seperti kurangnya nafsu makan, berat badan yang semakin turun, serta kucing tidak mau banyak beraktivitas bisa menjadi indikator bahwa kucing tersebut sedang mengalami sakit. Pada kucing normal umumnya ketika mengalami susah buang air besar akan berlangsung beberapa hari saja, namun jika berlanjut sampai seminggu atau lebih akan menjadi masalah yang besar. Jika beberapa cara sebelumnya belum bisa mengatasi sebaiknya membawa ke dokter hewan. Coba datang ke toko hewan dahulu untuk membeli obat susah buang air besar ini karena kebanyakan toko menyediakan stoknya.

Kucing Susah Buang Air Besar

Kucing Susah Buang Air Besar

Bulu Kucing yang Termakan

Kedengarannya konyol tetapi penyebab kucing susah buang air besar ini juga menjadi masalah utama yang sering terjadi. Hal ini sering terjadi terutama pada kucing yang memiliki bulu lebat. Anda perlu membeli obat untuk mencegah timbulnya kerontokan pada kucing tersebut agar bisa mengatasinya dengan baik. Obat tersebut bisa Anda beli di toko hewan terdekat atau membelinya secara online. Anda juga perlu merapikan rambut yang ada di sekitar wajahnya agar tidak mengganggunya ketika makan atau beraktivitas.

Demikian informasi yang bisa disampaikan dari penyebab dan cara mengatasi kucing susah buang air besar. Semoga bisa membantu Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan mudah. Jika masih banyak terjadi masalah sebaiknya datang untuk mengunjungi dokter hewan terdekat karena jika dibiarkan akan menjadi fatal.

 

baca juga: cara membuat tempat tidur kucing

Advertisement
advertisement
Penyebab dan Mengatasi Kucing Susah Buang Air Besar | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!