Cara Melatih Anjing Menangkap Tikus atau Buruan Lainnya

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Menangkap Tikus – Cara Melatih Anjing Menangkap Tikus atau Buruan Lainnya – Pada sebagian negara di luar negeri banyak yang menggunakan anjing sebagai hewan pemburu. Salah satunya adalah Selandia Baru yang melatih anjing untuk menemukan sarang tikus perusak tanaman. Cara ini dipandang lebih efektif karena anjing memiliki indera penciuman yang sangat bagus sekali sehingga dapat dengan mudah menemukan sarang yang masih dihuni hama tersebut. Jika dibandingkan dengan cara tradisional lebih efektif karena sebelumnya hanya langsung menyerang lewat lubang tikus saja dan belum tahu apakah di dalamnya masih ada tikus atau tidak. Berikut ini ada langkah mudah dalam melatih anjing Anda untuk menangkap tikus dengan cepat. Anda hanya perlu mengajarkannya selangkah demi selangkah secara berurutan.

Cara Melatih Anjing Menangkap Tikus

Cara Melatih Anjing Menangkap Tikus

Langkah dan Cara Melatih Anjing Menangkap Tikus

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenalkan hewan buruan tersebut kepada anjing (Cara ini bisa dipakai untuk hewan buruan lainnya). Dalam hal ini Anda bisa mengenalkan tikus ke dekat anjing, setelah itu biarkan anjing mengenali baunya.
  2. Setelah agak lama mencium bau tersebut coba langsung masak daging tikus tersebut dengan cara merebusnya dan ambil dagingnya saja. Cara ini memang sedikit menjijikkan tetapi akan menghasilkan anjing pemburu yang sangat baik nantinya. Setelah itu memberikan dagingnya saja kepada anjing, untuk tikus sawah atau tikus hutan memang tidak masalah karena tidak terlalu menjijikkan dibandingkan dengan tikus kota.
  3. Anda bisa mengajak anjing Anda berburu untuk pertama kalinya agar dia tahu tugasnya nanti untuk apa. Anjing jika sudah diberikan daging akan mengetahui jika bau sebelumnya bisa diolah menjadi makanannya yang enak, maka dari itu biasanya anjing akan bereaksi terhadap kegiatan pertamanya tersebut.
  4. Cara melatih anjing menangkap tikus selanjutnya adalah membiasakan diri untuk ikut terus dalam perburuan tikus. Jika sudah terlatih dengan benar maka untuk menemukan sarang tikus memang tidak sulit, Anda hanya perlu mengikuti dan memberikan contoh bau kepada anjing. Setelah anjing menemukan lubang yang masih dihuni tinggal mencangkulnya atau mengasapi lubang tersebut.
  5. Untuk melatih anjing menangkap tikus yang kabur bisa juga, pada sesi latihannya memang harus menyediakan tikus yang hidup kemudian siapkan anjing Anda. Biarkan anjing bersiap-siap kemudian melepaskan tikus tersebut agar dikejar oleh anjing. Anda perlu mencari tempat yang lapang dan luas agar anjing dapat mengejarnya dengan mudah.
  6. Anjing memang memiliki indera penciuman dan gerakan yang lebih lincah dari manusia itulah sebabnya bisa diajari sebagai anjing pemburu yang hebat. Beberapa daerah di Indonesia banyak yang menggunakan anjing sebagai pemburu musang atau babi hutan.

Demikian tips dan cara melatih anjing menangkap tikus dengan mudah. Jika Anda tertarik hanya perlu mengganti hasil buruan dengan target lainnya agar anjing mudah dalam menangkapnya. Untuk anjing biasa tidak akan terlalu sulit mengajarkannya, hanya butuh satu Minggu saja sampai terbiasa untuk diajak berburu.

baca juga: cara memandikan kucing

Advertisement
advertisement
Cara Melatih Anjing Menangkap Tikus atau Buruan Lainnya | rumahpeliharaanadmin | 4.5