Panduan Lengkap Cara Melatih Anjing Menggonggong dan Diam

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Menggonggong – Panduan Lengkap Cara Melatih Anjing Menggonggong dan Diam – Ada beberapa tipe anjing yang ada saat ini yaitu anjing yang pasif dan anjing yang aktif. Pada anjing yang pasif memang terlihat lebih diam dan tidak ingin merespons apa yang sedang terjadi di dekatnya, sedangkan pada anjing yang aktif akan selalu memperhatikan sekitarnya bahkan tidak segan-segan untuk mengklaim bahwa itu adalah wilayahnya. Dari perbedaan kedua anjing tersebut terlihat lebih jelas ketika anjing menggonggong, anjing pasif mungkin tidak bisa melakukannya. Sebagai pemilik ini bisa menjadi masalah lain maka dari itu perlu cara untuk mengajarinya agar dapat berinteraksi dengan lingkungannya.

Melatih Anjing Menggonggong

Cara Melatih Anjing Agar Menggonggong

Beberapa langkah di bawah ini akan membantu Anda untuk cara melatih anjing agar menggonggong dan diam. Anjing Anda hanya perlu menggunakan perintah sederhana yang bisa membuat respons anjing tersebut.

Panduan Cara Melatih Anjing Menggonggong

  1. Langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah mengetahui sumber anjing Anda untuk menggonggong. Biasanya pada anjing yang pasif memang sedikit lebih sulit karena tidak akan menggonggong sama sekali.
  2. Jika sudah menemukannya tinggal dilatih dengan baik misalkan mengurung anjing Anda dalam kamar sehingga dia menggonggong, Anda bisa mengatakan “bark” sebagai perintah untuk menggonggong, apabila anjing Anda hanya diam maka biarkan saja.
  3. Jika anjing Anda sudah menggonggong maka Anda bisa mengeluarkannya dan memberikan camilan kepadanya. Ulangi langkah tersebut sampai beberapa kali hingga anjing Anda paham dengan perintah yang diajarkan.
  4. Jika sudah bisa, coba untuk memberikan perintah tanpa menguncinya di kamar, misalkan saat Anda berada di luar rumah atau di belakang rumah.
  5. Cara melatih anjing menggonggong tahap ini sudah selesai dan hanya perlu mengajarinya untuk berhenti ketika sedang menggonggong tersebut.

Panduan Cara Melatih Anjing Agar Diam

  1. Jika panduan yang pertama sudah selesai maka Anda bisa melanjutkan dengan panduan selanjutnya yaitu melatihnya supaya bisa diam dengan perintah “diam” atau “sssttt”.
  2. Perlu pembiasaan yang baik terhadap perilaku anjing tersebut sehari-hari. Misalkan saat Anda sedang membawa makanannya, biasanya anjing tersebut akan berisik dan mengganggu jalan Anda, jangan biarkan hal ini terjadi terus menerus, yang perlu Anda lakukan hanya diam saja sampai anjing juga diam, baru Anda bisa memberikan makanannya tersebut. jangan lupa ketika dia berisik untuk memberikan perintah “diam” atau “ssssttt”.
  3. Dari pembiasaan tersebut jika dilakukan setiap hari sudah bisa mengajarinya untuk diam dengan perintah sehingga tidak sulit untuk melakukannya.
  4. Untuk langkah selanjutnya tinggal kombinasikan panduan pertama dengan panduan kedua sehingga anjing akan mudah untuk mengikuti instruksi yang sudah Anda ajarkan tersebut.
  5. Jangan lupa untuk memberikan reward setiap kali anjing Anda melakukan langkah yang benar dan jangan pernah bermain kasar dengan anjing karena bisa membuatnya menjadi trauma.

Demikian panduan yang bisa Anda dapatkan dalam cara melatih anjing menggonggong dan diam. Tentunya dengan mengajarinya hal yang baik akan membantu pertumbuhannya semakin baik dan bersifat mudah diatur. Banyak masalah bagi pemilik anjing karena anjingnya bertingkah seenaknya dan lebih dominan dari pemiliknya, maka dari itu perlu Anda latih sejak awal.

baca juga: cara melatih anjing menyerang

Advertisement
advertisement
Panduan Lengkap Cara Melatih Anjing Menggonggong dan Diam | rumahpeliharaanadmin | 4.5