Panduan Mudah Cara Melatih Anjing Pandai Berburu

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Pandai Berburu – Panduan Mudah Cara Melatih Anjing Agar Pandai Berburu – Anjing merupakan hewan yang memiliki gerakan yang cepat ditambah dengan indera penciuman yang sangat menakjubkan. Anda bisa melatihnya menjadi anjing pemburu dengan mudah karena sudah menjadi insting dari anjing sendiri untuk menemani pemiliknya dalam berburu mangsanya. Beberapa target bisa Anda siapkan seperti babi hutan atau musang (baik daging atau olahannya) agar anjing dapat mengenali target bau mangsanya tersebut. Di beberapa daerah Indonesia masih banyak yang menggunakan jasa anjing ini karena dianggap sangat membantu untuk menemukan lokasi dari buruannya tersebut.

Melatih Anjing Pandai Berburu

Cara Melatih Anjing Agar Pandai Berburu

Berikut ini sudah disiapkan langkah tepat dan mudah untuk melatih anjing Anda sebagai pemburu yang sangat handal. Tentunya Anda juga perlu memilih anjing dengan ras lokal atau ras pemburu karena memiliki taring dan kecepatan berlari yang sangat cepat.

Melatih Anjing Pandai Berburu dan Menangkap Mangsa

  1. Langkah pertama adalah memperkenalkan anjing Anda dengan calon buruan nantinya misalkan musang atau babi hutan. Hasil tangkapan memang dibutuhkan dalam hal ini, Anda bisa mendekatkan hasil tersebut ke dekat anjing atau bisa mengusapkan darahnya pada ujung hidung anjing.
  2. Masak buruan tersebut (bisa cara bakar atau rebus) kemudian berikan potongan daging buruan tersebut yang sudah masak kepada anjing. Hal ini akan membuat persepsi bahwa buruan tersebut bisa menambah jatah makanannya.
  3. Langkah selanjutnya hanya perlu mengajaknya ketika berburu dan mengoleskan darah binatang tersebut ke hidung anjing Anda. Setelah beberapa kali diajak berburu anjing akan tahu tugasnya ke depannya.
  4. Biasanya ketika 5 kali perburuan anjing sudah bisa mengenali bau mangsanya saat di hutan dan akan menggonggong jika sudah menemukan lokasinya. Anda hanya perlu melepas anjing tersebut agar mengejar buruan selagi Anda menembaknya.
  5. Untuk melatih kecepatan anjing memang bukan menjadi masalah karena saat berburu yang paling diandalkan adalah kekuatan dalam menggigit mangsanya. Maka dari itu Anda juga perlu melatihnya agar memiliki rahang yang kuat untuk menerkam mangsanya.
  6. Anda hanya perlu memberikan tulang dari hasil buruan agar menjadi bahan gigitan anjing tersebut. Perlu pembiasaan dari latihan sampai mengajaknya berburu agar jam terbangnya menjadi sangat sempurna. Dalam berburu biasanya masyarakat tradisional akan membawa dua sampai 6 anjing yang diperlukan jika mangsanya termasuk jenis yang besar.

Beberapa langkah mudah dalam cara melatih anjing pandai berburu tersebut bisa menjadi panduan Anda dalam melatihnya. Biasanya dalam satu pelatihan minimal harus menyediakan dua anjing karena saat berburu akan saling bekerja sama untuk mencegah hewan buruan berlari menjauh. Masyarakat tradisional sendiri banyak menggunakan anjing ras kampung untuk menjadi pemburu karena instingnya sudah cukup dalam menemukan mangsanya.

baca juga: cara melatih anjing menggonggong

Advertisement
advertisement
Panduan Mudah Cara Melatih Anjing Pandai Berburu | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!