Cara Melatih Anjing Tidak Agresif dan Tidak Mengganggu Orang Lain

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing Tidak Agresif – Cara Melatih Anjing Tidak Agresif dan Tidak Mengganggu Orang Lain – Bagi sebagian pemilik anjing mengeluhkan jika anjingnya memiliki sifat terlalu agresif. Hal ini dapat berakibat buruk pada lingkungannya karena lebih mengganggu, terlebih lagi jika ada tamu yang datang. Anjing yang dilahirkan di sekitar manusia memang tidak memiliki sifat agresif karena pembentukan sifatnya tersebut adalah hasil latihan dan perilaku dari pemiliknya.

Maksudnya bukan menyalahkan dari sisi pemiliknya karena banyak pelatih dari pusat pelatihan anjing profesional yang mengatakan hal tersebut. Anjing berlaku lebih agresif karena sebelumnya tidak memiliki batasan dalam perilaku sehari-harinya. Coba lihat langkah berikut ini karena mungkin dari sebagian poin akan memperlihatkan kebiasaan buruk anjing yang dibiarkan oleh pemiliknya sehingga memiliki sifat tersebut.

Melatih Anjing Tidak Agresif

Cara Melatih Anjing Supaya Tidak Agresif

Melatih Anjing Tidak Agresif dan Mengganggu Orang Lain

  1. Untuk latihan ini bisa diajarkan sejak dini dari anjing tersebut (anak anjing) sehingga sejak kecil bisa mulai terbiasa dengan batasan yang diberikan.
  2. Ketika masih menjadi anak anjing sudah menjadi kebiasaan untuk menggigit kaki pemiliknya atau barang milik pemiliknya (sandal, sepatu, tas). Hal ini jika dibiarkan akan membuat sifatnya menjadi anjing yang agresif.
  3. Anda perlu membatasi hal tersebut dengan menyingkirkan barang yang tidak boleh digigitnya dengan mainan khusus anjing. Anda bisa mengatakan “no” dengan nada yang keras dan wajah yang lebih serius. Untuk menghukumnya jangan menggunakan tindakan yang kasar apalagi memasukkannya ke dalam kandang. Anda hanya perlu memilih tempat di sudut ruangan dengan pagar buatan agar anjing tersebut tahu batasan tindakannya.
  4. Jika Anda mengurungnya malah akan membuat gambaran bahwa kandang merupakan tempat hukuman yang buruk, waktu hukuman tidak boleh lebih dari 30 menit sampai 1 jam karena akan membuat anjing depresi.
  5. Anda bisa mengajaknya bermain seperti biasanya, hal ini juga berlaku di saat bermain anjing tersebut menggigit Anda dengan keras. Anjing memiliki psikologi ketika bermain dengan anjing lainnya dan menggigit terlalu keras maka anjing lain akan menggonggong dan berhenti bermain, Anda juga bisa melakukan hal yang sama karena akan membuat batasan tersendiri untuk anjing Anda.
  6. Cara melatih anjing supaya tidak agresif selanjutnya adalah dengan pembiasaan yang baik. Misalkan saat tertentu ketika Anda ingin memberikan makanan kepada anjing Anda, biasanya anjing akan menggonggong keras dan bersikap mengganggu Anda. Jangan pernah memberikan makanan jika anjing Anda masih bertingkah seperti itu. Tunggu hingga dia menjadi diam sambil mengatakan “no” atau “stop” agar berhenti kemudian baru bisa memberikan makanannya.
  7. Sudah menjadi hal yang biasa jika anjing menggonggongi orang lain apalagi yang baru dikenalnya. Namun pembiasaan seperti mengelusnya ketika menggonggong ini bisa menjadikan sifatnya lebih agresif. Jika Anda mengenal orang tersebut sebaiknya segera katakan “no” dengan nada yang cukup keras kepada anjing Anda untuk berhenti menggonggong kemudian tatap matanya dengan serius. Jika tidak mengenal orang tersebut dan hanya lewat di depan rumah memang bisa dibiarkan saja.
  8. Pembiasaan dari latihan ini diperlukan setiap hari agar anjing menjadi tidak agresif, sesekali Anda juga perlu mengajaknya untuk pergi ke suatu tempat yang agak ramai orang sehingga anjing Anda akan menggambarkan sesuatu yang baik dan tidak perlu menggonggong jika mereka tidak mengganggunya.

Itulah beberapa langkah mudah dalam melatih anjing Anda agar tidak agresif. Seri latihan lain juga bisa Anda dapatkan karena pada website ini memiliki tips dan panduan dalam melatih anjing dengan tepat dan mudah. Cara melatih anjing tidak agresif memang diperlukan agar tidak mengganggu lingkungan dan pemiliknya.

baca juga: cara melatih anjing penjaga

Advertisement
advertisement
Cara Melatih Anjing Tidak Agresif dan Tidak Mengganggu Orang Lain | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!