Tahap dan Cara Melatih Anjing yang Sudah Tua

Advertisement
advertisement

Cara Melatih Anjing yang Sudah Tua – Tahap dan Cara Melatih Anjing yang Sudah Tua – Melatih anjing yang sudah tua memang bukan perkara yang mudah karena banyak tantangan yang harus dilakukan. Anjing yang lebih tua memiliki kepekaan dan daya fokus yang sudah berkurang maka dari itu banyak pemilik anjing yang membiarkan anjingnya yang tua tanpa adanya pelatihan. Sebaliknya, jika dilatih dengan cara yang tidak benar juga tidak akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Sebelum Anda menginjak untuk melatih anjing yang tua sebaiknya tahu terlebih dahulu tentang tipe anjing dalam belajar. Anda bisa melihatnya berikut ini:

Cara Melatih Anjing yang Sudah Tua

Cara Melatih Anjing yang Sudah Tua

Tipe Anjing yang Sudah Tua

Anjing Pasif – Anjing tipe ini memang sukar untuk dilatih karena sikap dan sifatnya tidak terlalu tertarik dengan dunia pelatihan. Anjing tipe ini akan lebih suka menyendiri dan menghabiskan waktu seharian untuk tidur saja. Walau beberapa anjing mengalami gejala penyakit yang membuatnya semakin pasif sehingga Anda perlu memperhatikan anjing Anda lebih jauh lagi. Cara pengajaran yang tepat untuk tipe anjing tua ini dengan membiasakan aktivitas yang membuatnya lebih aktif lagi.

Anjing Aktif – Bukan hanya anjing pasif saja yang memiliki tingkat kesulitan pada pengajarannya. Pada anjing tua yang aktif juga cukup sulit karena tingkat konsentrasinya pada pelatihan sering terganggu. Pada anjing yang terlalu aktif sendiri bisa memakan waktu hingga bulanan sampai mencapai hasil yang diinginkan. Cara melatih anjing yang sudah tua ini lebih mudah dari kelihatannya tetapi butuh tahap yang tepat.

Cara Melatih Anjing yang Sudah Tua

Tahap Menenangkan Anjing dan Membuatnya Bersahabat

Tahap pertama sekaligus langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melatih anjing dengan mengetahui sifatnya. Ada sebagian anjing yang memiliki tingkat agresif yang tinggi tetapi sebagian juga ada yang memiliki sifat taat kepada pemiliknya. Jika Anda sudah tahu sifat dari anjing Anda mungkin sudah terbersit cara yang tepat untuk melatihnya. Jika anjing terlalu agresif sebaiknya Anda harus mengetahui cara menenangkan dan membuatnya tidak agresif lagi, sebaliknya jika anjing Anda terlalu pasif sebaiknya juga harus membuatnya lebih bersahabat dan riang.

Melatih Perintah Awal

Pada artikel sebelumnya juga sudah dibahas tentang bagaimana memberikan perintah sederhana dan awal bagi anjing yang sudah tua. Cara melatih anjing yang sudah tua tahap selanjutnya ini hanya sebatas duduk, tiarap, dan berdiri. Anda bisa menggunakan kombinasi dari perintah tersebut sampai anjing Anda terlatih dengan benar. Beberapa anjing yang masuk ke tahap ini tidak terlalu sulit karena sangat mudah dalam pengajarannya.

Melatih Anjing Berkepribadian Baik

Kepribadian baik bukan hanya saat bertemu dengan orang lain atau tamu tetapi juga dari latihan membuang kotoran pada tempatnya. Latihan khusus ini memang dibutuhkan untuk semua anjing karena jika masih membuang kotoran sembarangan akan mengganggu lingkungan. Biasanya sebagian anjing memilih untuk menggonggong ketika tamu masuk ke dalam rumah, ada juga yang langsung lari karena ketakutan. Anjing yang memiliki kepribadian yang baik akan datang melihat tamu tersebut kemudian tetap tenang dan mencari tempat lain untuk menyingkir. Anda bisa melatihnya secara pelan-pelan sampai mendapatkan hasil seperti itu.

Itulah beberapa tahap dan cara melatih anjing yang sudah tua. Mungkin bagi sebagian anjing akan merasa kesulitan karena masih harus mendapatkan penyesuaian yang lebih banyak lagi. Namun sebagian besar anjing tua yang sudah mendapatkan pelatihan tersebut menunjukkan perubahan yang sangat baik sehingga sangat rekomendasi untuk Anda gunakan sebagai panduan.

baca juga: cara melatih anjing mengambil barang

Advertisement
advertisement
Tahap dan Cara Melatih Anjing yang Sudah Tua | rumahpeliharaanadmin | 4.5
error: Content is protected !!