Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Advertisement
advertisement

Penyebab Bulu Kucing Rontok – Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya – Kadang mengerikan jika melihat bulu kucing peliharaan menjadi rontok karena penyebab yang tidak diketahui. Apabila hal ini dibiarkan akan menjadi masalah yang besar untuk kucing tersebut. Banyak kasus yang menyebabkan bulu pada kucing menjadi rontok tetapi tidak semua gejala tersebut dialami pada kucing yang sama. Anda perlu memperhatikan lagi tentang penyebab ini karena aktivitas kucing hanya pemiliknya yang tahu. Jika sudah menemukan penyebabnya bisa langsung mengatasinya dengan cepat dan mudah. Berikut ini bisa Anda lihat beberapa penyebab yang sering dialami kucing kebanyakan.

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Penyebab Alami

Untuk penyebab alami memang dialami oleh kucing betina. Bulu yang rontok pada kucing betina ini dipengaruhi karena hormonnya yang meningkat pada saat birahi. Biasanya terjadi saat musim kawin menjelang, Anda tidak perlu ragu jika hal ini terjadi pada kucing Anda karena merupakan penyebab yang wajar pada kucing tersebut. Penyebab bulu kucing rontok satu ini memang terjadi sekitar dua kali dalam setahun terutama saat siang hari menjelang. Untuk identifikasinya sangat sederhana yaitu tidak ada gangguan kesehatan atau perubahan perilaku kucing peliharaan Anda sehingga bisa disimpulkan bahwa penyebabnya adalah hormon kawinnya ini.

Peralatan Mandi yang Tidak Sesuai

Banyak ahli kucing peliharaan profesional yang sering mengatakan hal yang sama yaitu bulu kucing sering rontok akibat salah penggunaan produk mandinya. Anda bisa melihatnya ketika mulai memandikan dengan produk tersebut, selama beberapa hari akan memicu bulunya menjadi rontok maka dari itu perlu Anda singkirkan produk tersebut. Pilih peralatan mandi yang sesuai dengan kucing Anda yang biasa dijual di toko hewan terdekat. Kandungan dari produk mandi kucing jika salah digunakan akan berdampak yang sebaiknya, salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah penggunaan produk yang tidak sesuai ini.

Penyakit Kucing

Sebagai pemilik kucing tentu harus mewaspadai tentang apa saja yang menjadi penyakit kucing. Penyakit ini juga bisa memicu kerontokan yang terjadi pada bulunya, identifikasi pada penyakit kucing ini bisa dari perilakunya yang berubah atau kondisi tubuh kucing yang selalu menurun. Jika Anda tidak bisa mengatasi hal tersebut bisa datang ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan khusus. Penyakit pada kucing biasanya disebabkan dari lingkungan dan makanan dari kucing tersebut sehingga perlu Anda lihat lagi apakah ada yang salah dari kedua hal tersebut.

Kutu Pada Kucing

Penyebab bulu kucing rontok selanjutnya adalah kutu pada kucing. Kutu ini memang suka tempat yang banyak bulunya sehingga dapat bersembunyi dan mulai mengganggu tubuh kucing. Tanda jika kucing Anda terdapat kutunya yaitu sering menggosokkan badannya atau sering menggaruk badannya. Anda perlu menggunakan obat kutu khusus untuk kucing ini agar terhindar dari kutu yang masih hinggap di tubuhnya. Jika Anda membiarkan kutu tersebut akan berdampak buruk karena kucing akan terus menggaruk badannya sampai keras hingga bulunya menjadi rontok.

Alergi Kucing

Tidak hanya pada manusia saja tetapi juga pada kucing yang bisa merasakan alergi. Kucing memiliki alergi yang bisa disebabkan karena makanan atau lingkungannya. Hal ini ditandai dengan menurunnya kondisi tubuh kucing ditambah dengan tanda tertentu seperti kemerahan pada kulit kucing dan bulu rontok. Ada beberapa cara penyelesaian seperti menggunakan obat khusus untuk alergi atau bisa datang ke dokter hewan terdekat Anda.

Adanya Jamur pada Kulit Kucing

Penyebab bulu kucing rontok selanjutnya adalah tumbuhnya jamur akibat lingkungan yang lembab dan tidak bersih. Hal ini juga berlaku saat memandikan kucing dengan salah, pada saat pengeringannya membutuhkan peralatan khusus agar badan kucing benar-benar kering, jika tidak akan memicu tumbuhnya jamur pada kulit kucing tersebut. Hal ini ditandai dengan ada bercak merah atau bercak putih pada daerah kerontokan bulu kucing terbanyak. Anda bisa menggunakan obat khusus kucing untuk menyelesaikan hal ini. Jika sudah teratasi sebaiknya jangan pernah lagi untuk membiarkan tubuh kucing lembab karena masih terdapat air pada bulunya.

Itulah beberapa penyebab bulu kucing rontok dan cara penyelesaiannya dengan mudah. Ada beberapa penyebab lain yang bisa terjadi namun hanya sedikit kemungkinan saja pada kucing tersebut. Anda perlu membawanya ke dokter hewan jika gejala yang dimaksud berbeda dan efeknya semakin buruk terhadap kesehatan dari kucing tersebut.

Advertisement
advertisement
Penyebab Bulu Kucing Rontok dan Cara Mudah Untuk Mengatasinya | rumahpeliharaanadmin | 4.5