Pleci Sebagai Andalan Kicau Mania Latpres latber

Advertisement
advertisement

Pleci

Pleci adalah sejenis burung kecil yang sering hidup berkelompok dalam jumlah banyak dari jantan sampai betina maupun anak anak sekalipun. Burung ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil hanya sepanjang 5-10 cm saja tetapi jangan salah sangka dahulu meskipun bertubuh kecil tapi burung ini mempunyai suara yang merdu serta keras tidak kalah dengan burung burung kecil maupun besar sekalipun.

Burung Pleci Peliharaan

pleci

Pleci memiliki pesona sebagai burung favorit untuk dipelihara karena itulah burung ini sering diburu untuk dipelihara maupun diperjual belikan dipasaran burung dengan harga yang lumayan tinggi dari 30 ribu sampai 50 ribu dalam kelas bantalan atau ombyokan tetapi sering juga banyak pedagang yang menjual burung mungil ini dalam bentuk sudah bunyi atau satuan. Dalam bentuk satuan atau kondisi burung sudah mapan sudah dipelihara lama serta sudah mau untuk bunyi maka harga yang dipatok oleh pedagang akan tinggi bisa berkisar ratusan ribu rupiah.

Pleci sebagai burung favorit penggemar kicau mania pun sudah terbukti dari kelas lomba atau sering disebut latber sudah ada kelas tersendiri untuk burung ini karena itu juga burung tersebut tetap berharga stabil untuk sekarang pun harga masih stabil sehingga latber juga masih terlaksanakan hingga sekarang. Meskipun burung ini tergolong burung kecil tetapi kemampuan suaranya sangat keras serta bervariasi.

Kelebihan Burung Pleci

Burung Pleci memeiliki beberapa kelebihan seperti suaranya yang keras lantang serta panjang, perawatannya yang mudah serta tidak mahal sehingga tidak akan menguras kantong pemeliharanya, bisa ditinggal luar kota atau pergi dalam waktu lama dengan catatan makanan burung  harus terisi penuh, burung ini bisa menirukan suara kicauan burung lain dari burung kecil sampai burung besar sekalipun, dalam menirukan suara burung ini bisa menirukan suara burung bertipe keras kasar serta tipe burung pelan halus merdu sekalipun.

Keunikan tersebutlah yang memikat para kicau mania untuk memelihara burung ini sekalian mendapatkan rezeki dengan mengikutkan burung masing masing ke dalam latber atau latpres karena jika menang akan mendapatkan hadiah yang melimpah juga serta mendapatkan sertifikat yang akan mendongkrak dengan drastis harga burung yang mendapat sertifikat tersebut.

Biasanya burung  yang sering digunakan dalam lomba adalah burung yang memiliki jenis kelamin jantan karena burung jantan memiliki variasi suara yang banyak serta tidak monoton kelebihan itulah yang menjadikan burung jantan sebagai burung utama. Meskipun hanya burung jantan yang mengikuti lomba tetapi peran burung betina juga begitu penting untuk mendongkrak kinerja dari burung jantan.

Biasanya burung betina digunakan untuk mengecash burung jantan agar menaikan birahinya agar dalam waktu lomba burung jantan akan memiliki jiwa petarung yang kuat sehingga menimbulkan suara yang lama serta panjang karena itulah dasar dari penilaian juri dalam latber maupun latpres.

Jenis Jenis Burung Pleci

Burung ini dapat ditemui di pulau pulau besar seperti Jawa, Lombok, NTB, tetapi ada jenis burung yang sangat digemari karena memiliki suara lantang juga mengkristal tidak serak yaitu jenis burung pleci lokal yang berasal dari pulau Jawa tentunya. Burung jenis lokal ini memiliki harga paling tinggi dibanding dengan harga burung pleci lain seperti burung Lombok, bali, NTB keunikan tersebut yang membuat burung jenis lokal menjadi peserta utama dalam latber latpres karena jenis ini banyak digunakan oleh para kicau mania dalam bertanding, jangan lupa baca artikel sebelumnya ular anaconda.

Advertisement
advertisement
Pleci Sebagai Andalan Kicau Mania Latpres latber | deniwijanarko | 4.5