Home > Tanaman Hias > 10 Cara Mudah Merawat Jade Plant atau Tanaman Giok

10 Cara Mudah Merawat Jade Plant atau Tanaman Giok

by

Cara Merawat Jade Plant atau Tanaman Giok – Tanaman jenis ini memang paling populer di antara jenis tanaman sukulen lainnya.

Dari ketahanannya terhadap lingkungan dan proses perawatannya yang mudah menjadi alasan banyak orang untuk memilikinya.

Jade plant memiliki ciri-ciri daun yang bulat-oval dan meruncing ke pangkal daunnya. Terkadang banyak orang salah dalam menyebut tanaman ini sebagai tanaman koin atau dollar plant.

Jade plant dipercaya banyak orang sebagai tanaman hias yang dapat memberikan hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya.

Dalam beberapa event di luar negeri pun, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai suviner untuk diberikan kepada orang lain.

jade plant

@torontoparadiseplants

Tanaman ini berasal dari keluarga Crassula dengan beberapa varietas atau jenis di dalamnya. Di Indonesia dikenal dengan nama tanaman Giok atau tanaman koin.

Nah bagi Anda yang mencari informasi tentang tanaman ini bisa langsung melihatnya di bawah ini.

Berikut ini 10 cara merawat Jade Plant atau tanaman Giok yang muda :

Media Tanam yang Tepat

Media tanam yang tepat untuk Jade Plant adalah media tanam yang memiliki komposisi yang pas.

Di dalamnya terdapat pupuk kandang, pupuk kompos, pasir, tanah liat, serta bebatuan kecil. Kadar pH media tanam yang ideal untuk Jade Plant adalah 6.0.

tanaman giok

@dancing_lotus

Jika Anda mencampurkan sendiri media tanam bisa menggunakan komposisi 3:2:2:1:1 untuk tanah liat, pupuk kompos, pupuk kandang, pasir, dan bebatuan secara berurutan.

Cara Menyiram Jade Plant yang Benar

Seperti menyiram tanaman pada umumnya, Jade plant juga membutuhkan jangka waktu penyiraman yang tepat.

Banyak orang lebih memilih untuk menyiramnya sesuai jadwal, namun untuk mendukung perkembangan tanaman ini sebaiknya siram saat media tanamnya mulai mengering.

tanaman jade plant

Cara menyiram tanaman Jade plant ini juga bisa dilakukan satu minggu sekali. Usahakan untuk menyiramnya sampai media tanam cukup basah dan tidak terlalu berlebihan menyiramnya.

Saat memasuki musim hujan sebaiknya kurangi intensitas penyiraman dan sebaiknya melihat kelembapan media tanam dahulu sebelum memutuskan untuk menyiramnya.

Baca juga :  15 Macam – Macam Bunga Kamboja Jepang Beserta Gambarnya Lengkap

Mengatur Suhu yang Sesuai

tanaman jade

@hello.mytake

Seperti jenis sukulen pada umumnya, Jade plant bisa tumbuh dan berkembang di suhu yang sejuk sampai hangat yaitu antara 18 C sampai 24 C.

Namun ada banyak informasi lain yang menyebutkan bahwa tanaman Giok ini bisa tumbuh pada suhu di atasnya.

Saat musim dingin, tanaman ini bisa tumbuh sampai suhu 10 C di daerah pegunungan atau benua lain yang memiliki suhu rata-rata tersebut.

Pemberian Sinar Matahari yang Sesuai

jadeplant

@teenyleafing

Agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman Giok ini lebih maksimal maka pemberian sinar matahari bisa dilakukan 4 sampai 6 jam di bawah sinar matahari pagi.

Bisa juga dengan menempatkan tanaman ini di dekat jendela yang terkena sinar matahari jika berada di dalam ruangan.

Terlalu memberi banyak sinar matahari bisa membuat tanaman ini jadi layu dan tumbuh tidak normal.

Nutrisi dan Pupuk Untuk Jade Plant

Tanaman Jade yang kecil bisa diberikan pupuk alami dari pupuk kandang atau pupuk kompos dengan sedikit kandungan nitrogen.

sukulen jade

@msm2385

Setelah tanaman Jade plant ini tumbuh dewasa maka bisa diberikan pupuk sebulan sekali dan sebaiknya tidak memberikan pupuk ketika daun-daun baru mulai berkembang.

Waktu yang tepat untuk memberikan pupuk untuk tanaman ini adalah saat awal-awal musim penghujan agar nantinya tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Hindarkan Dari Penyakit dan Hama

Penyakit dan hama pada tanaman giok atau jade ini adalah kutu putih yang biasanya terlihat di antara pangkal daun dan jamur.

Kedua masalah ini memang cukup fatal karena bisa mengganggu perkembangan dari tanaman ini.

cara merawat jade plant

@nelsaave

Apabila sudah terkenal salah satu masalah di atas, Anda bisa menggunakan obat anti jamur khusus tanaman atau mencelupkan tanaman jade ini ke dalam ember berisi air dengan bahan khusus.

Biasanya penyakit dan hama ini bisa terjadi karena terjangkit dari tanaman lain atau terlalu banyak melakukan penyiraman.

Varietas atau Jenis Tanaman Jade Plant

Tanaman Jade Plant di pasaran biasanya memiliki varietas C. ovata atau C. argentea. Namun ada beberapa jenis tanaman ini yang memiliki tiga warna yaitu C. ovata tricolor.

perawatan jade plant

@baileys_garden_sr_

Ada juga jenis varietas lain namun cukup susah ditemukan di pasar Indonesia yaitu C. arborescens. Jika Anda benar-benar tertarik mengoleksi tanaman jenis ini maka tak ada salahnya untuk order online dari lokasi yang jauh bahkan beda negara.

Baca juga :  10 Cara Merawat Peace Lily Agar Cepat Berbunga

Ada juga jenis lain yaitu Silver Jade Plant dengan warna putih ke abuan yang bisa Anda koleksi.

Cara Memperbanyak Jade Plant (Propagasi)

Sangat mudah untuk propagasi tanaman ini karena masih termasuk dalam tanaman sukulen. Cara memperbanyak Jade plant adalah dengan mematahkan daunnya hingga ke pangkalnya.

jade plant merah

@stephanniephotos

Kemudian menaruhnya di atas media tanam dengan pencahayaan yang tidak terkena matahari secara langsung. Untuk merangsang pertumbuhannya maka setiap 3 hari perlu disemprotkan air namun tidak sampai terlalu basah.

Nantinya tunas kecil akan keluar dari pangkap daun tersebut dan mulai tumbuh menjadi individu yang baru.

Apabila Jade plant patah pada bagian batangnya, Anda bisa langsung menanamnya pada media tanam atau bisa dengan teknik propagasi air agar cepat merangsang pertumbuhan akarnya.

Penempatan Jade Plant Dalam Ruangan

Jade plant bisa di tempatkan di sudut ruangan atau sebagai penghias di meja (ukuran kecil) dan ini tidak dipermasalahkan.

Hanya saja tetap memperhatikan kebutuhan sinar matahari dan penyiraman terhadap tanaman ini.

Jika Anda sering menempatkan tanaman ini di ruangan yang tidak terlalu mendapatkan cahaya matahari maka tipsnya adalah pastikan untuk mengecek kelembapan setelah penyiraman.

jade plant memperbanyak

@hollygrows

Apabila terlalu lembap atau masih terlalu basah maka bisa membuat jamur dan penyakit tanaman tumbuh.

Tunggu beberapa saat hingga air tidak lagi menetes di bawah potnya dan selalu pastikan untuk tidak menyiramnya terlalu sering.

Cara Memindahkan Ke Dalam Pot atau Pot Lain

Repot atau meletakkan tanaman Jade plant ini ke dalam pot memang sangat direkomendasikan terutama untuk penghias meja dalam ruangan.

Cara memindahkan atau memasukkan tanaman ini ke dalam pot adalah dengan memastikan media tanamnya dalam kondisi yang kering.

Pastikan media tanam lama dibersihkan dahulu dari akar baru bisa dipindahkan ke pot dengan media tanam yang baru.

Biarkan selama kurang lebih satu minggu baru bisa mulai menyiramnya secara normal.

Beberapa informasi di atas memang sangat berguna untuk Anda apabila ingin memelihara atau merawat Jade Plant. Anda bisa mulai mengoleksi tanaman ini dari jenis apapun sebagai hiasan di kebun atau di dalam ruangan.

Pastikan memahami cara merawat tanaman Jade plant atau tanaman Giok ini secara tepat agar tampilannya semakin cantik dan menarik.

 

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Comment