Home > Ikan Hias > 10 Gambar Ikan Guppy Unik dan Langka

10 Gambar Ikan Guppy Unik dan Langka

by
guppy lucu

Gambar Ikan Guppy Unik – Salah satu ikan hias air tawar yang paling diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia. Banyak hal yang membuat ikan ini digemari selain dari warna dan coraknya yaitu karena perawatannya yang mudah.

Tubuhnya yang kecil seperti ikan cethol (Bahasa Jawa) namun memiliki sirip dan ekor yang bercorak warna-warni. Bahkan jika kamu memiliki banyak ikan guppy dalam satu akuarium bisa menghasilkan keturunan dengan corak warna yang berbeda juga.

ikan guppy langka

ruparupa.com

Spesies ikan air tawar ini adalah anggota dari suku Pecilidae yang saat ini memiliki corak warna yang tidak bisa dihitung. Namun corak ini bisa dikategorikan pada jenis ikan guppy tertentu (corak yang dominan).

ikan guppy hias

freepik.com

Jenis Ikan Guppy

Ada beberapa jenis ikan Guppy yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Masing-masing memiliki corak yang berbeda dan memiliki keunikannya tersendiri. Berikut ini adalah jenis ikan guppy tersebut :

ikan hias guppy

trubus.id

  • Ikan Guppy Cobra
  • Ikan Guppy Metalik
  • Guppy Japan Blue
  • Pink White
  • Tuxedo
  • Ikan Guppy Mozaic
  • Guppy Grass
  • Leopard
  • Ikan Guppy Green Red Dragon
  • German Platinum Crown Tail
  • Black Moscow
  • Young Pair Champion Purple
  • Platinum Half Moon
  • Blue Grass
ikan hias guppy

hewanairinfo.blogspot.com

Cara Merawat Ikan Guppy Agar Tidak Cepat Mati

Cara merawat ikan guppy memang tidak sembarangan, walau bisa dibilang ketahanannya cukup baik namun tetap saja harus pintar-pintar dalam memeliharanya. Berikut ini adalah cara merawat ikan guppy agar tidak cepat mati:

  1. Perhatikan kondisi akuarium yang digunakan untuk tempat hidup ikan guppy, pH air yang seimbang, kebersihan dari lumut dan parasit, serta kadar oksigen yang dibutuhkan sesuai. Kadar oksigen ini untuk mudahnya bisa menggunakan water pump dengan gemericik air sehingga ada sirkulasi oksigen di dalam akuarium.
  2. Ikan Guppy bertahan hidup di habitat yang berarus dan memiliki ekosistem tumbuhan air yang memadai. Maka hal yang bisa dilakukan adalah membuat imitasi sesuai tempat asalnya, walau tidak membutuhkan akuarium berarus tetap saja harus ada gemericik air sebagai sirkulasinya. Bisa juga dengan menanam tanaman air yang tidak mengotori akuarium.
  3. Berikan makanan hidup, kamu bisa memberikan makanan hidup seperti jentik nyamuk, cacing darah, pelet, kutu air, cacing sutra, atau hewan kecil lainnya sebagai makanan alami dari ikan guppy.
  4. Ikan guppy merupakan ikan yang tidak agresif, makanya harus memisahkan antara ikan jenis lain terutama dari jenis predator. Jika tidak maka ikan guppy yang bisa menjadi santapannya. Selain itu, memisahkan ikan guppy dari ikan lebih besar bisa mengurangi stress yang dialami oleh ikan tersebut sehingga tidak cepat mati.
  5. Dalam periode tertentu atau sebulan sekali, kamu bisa mengganti air akuarium jika diperlukan, misal kotor atau kemasukan cairan lain yang menggangu siklus hidup ikan guppy
guppy fish

shopify.com

Cara Memilih Ikan Guppy Dari Toko Ikan

Biasanya banyak orang mengeluh ikan guppy yang barusan mereka beli langsung mati saat dipindahkan ke dalam akuarium di rumah.

guppy langka

depositphoto.com

Atau bahkan ketika membawanya dari toko ikan saat perjalanan langsung mati. Ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena tidak teliti dalam memilih ikan guppy saat membelinya.

Baca juga :  Ikan Palmas / Ikan Naga : Harga, Jenis, Pakan, dan Cara Merawat

Maka dari itu perlu tahu bagaimana caranya memilih ikan guppy yang benar saat membelinya. Simak caranya di bawah ini!

  1. Pilih ikan guppy yang gerakannya sehat, cepat, dan gesit. Hindari ikan guppy yang gerakannya lambat, apalagi saat didekati tangan tidak terjadi perubahan gerak pada tubuhnya. Bisa jadi ikan guppy tersebut sudah terlalu tua atau memang akan mati.
  2. Pilihlah ikan guppy yang berwarna cerah dengan corak yang mencolok. Ikan guppy yang sehat memiliki corak yang tegas dan warna yang tajam, namun tidak memungkiri dari beberapa jenis ikan guppy yang memiliki warna yang pucat. Jenis ikan guppy betina juga memiliki ciri-ciri yang sama sehingga kamu bisa melihat cara pertama untuk memilihnya.
  3. Minta pengemasan dengan kantong plastik yang sudah diisi oksigen oleh pembelinya. Agar ikan guppy tetap sehat dan fit sampai dipindahkan ke akuarium maka kamu perlu meminta penjualnya untuk mengisi kantong plastik yang berisi ikan guppy dengan oksigen. Apalagi jika jarak tempuh dari toko ikan dan rumah terlalu jauh.
  4. Jika ingin mencari indukan yang tepat dan cepat menghasilkan keturunan, maka kamu bisa mencari indukan yang sudah mapan usia dan ukurannya. Biasanya memiliki bentuk lebih mengembung atau bulat dibandingkan dengan guppy lainnya di dalam satu wadah.
  5. Cara yang terakhir adalah dengan mencari toko ikan yang tidak terlalu jauh dari rumah. Banyak orang yang mengeluh jika ikan guppy saat dibawa dari toko ikan selalu mati karena cuaca panas di jalanan dan kemasan yang terlalu kecil. Cara ini bisa kamu gunakan agar ikan guppy tidak mati saat di bawah. Apabila kamu ingin membeli guppy secara online, pastikan dengan penjualnya tentang pengemasan dan tingkat kehidupan ketika pengiriman sampai ke tujuan.
Baca juga :  Ikan Sepat Mutiara : Cara Memelihara, Pakan, Karakteristik

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang ikan guppy dan cara memeliharanya. Pastikan untuk merawatnya dengan baik karena jika benar dalam memeliharanya bisa membuat jumlah ikan guppy semakin berkembang.

guppy lucu

a-z-animals.com

Perawatannya yang mudah dan tidak butuh banyak peralatan membuat ikan ini masih digemari saat ini. Kamu juga bisa berburu jenis ikan guppy yang langka untuk dilakukan pengembang biakan dan dijadikan sebagai lahan bisnis ke depannya. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Comment