Home > Ikan Hias > Ikan Sepat Rawa : Gambar, Jenis, Cara Memelihara, dan Makanan

Ikan Sepat Rawa : Gambar, Jenis, Cara Memelihara, dan Makanan

by
sepat rawa

Sepat Rawa atau yang dikenal dengan nama ilmiah Trichogaster trichopterus merupakan jenis ikan dari anggota suku gurami. Kebanyakan sepat ini memang tidak memiliki nilai jual yang fantastis dibandingkan ikan jenis air tawar lain.

Namun pasar ikan saat ini sedang mencari banyak jenis dari ikan sepat untuk dijual dan sebagai hewan peliharaan. Maka dari itu bagi Anda yang mencari informasi tentang jenis ikan sepat, cara memelihara dan cara menangkapnya bisa melihatnya di bawah ini.

Penyebaran Sepat Rawa Di Indonesia

Ikan sepat memiliki bentuk tubuh yang pipih dengan corak di sisi luar tubuhnya. Namun ada beberapa sepat yang memiliki ciri-ciri warna mencolok dengan corak tertentu di tubuhnya. Sepat rawa atau sepat sungai biasanya memiliki warna yang dominan gelap kecoklatan dengan corak lebih banyak di bagian ekornya.

sepat rawa

wikipedia.org

Di Indonesia sendiri, ikan sepat tersebar ke seluruh penjuru Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. Namun masing-masing daerah memiliki ciri khas ikan sepat rawa yang berbeda-beda.

Jenis Sepat yang Bisa Dijadikan Peliharaan

  • Ikan sepat sawah
  • Sepat biasa
  • Sepat biru
  • Sepat ronggeng
  • Sapek
  • Three spot gourami
  • Blue gourami
  • Cosby gourami
  • Gold gourami
  • Golden gourami
  • Opaline gourami
  • Ikan sepat siam
  • Ikan sepat mutiara
sepat mutiara

suksesmina.files.wordpress.com

Cara Memelihara Sepat Rawa

Ada beberapa cara khusus dalam merawat ikan sepat di akuarium atau kolam. Ikan sepat dikenal memiliki ketahanan tubuh yang tinggi karena lingkungannya tempat tinggal juga sembarangan. Jadi tak membutuhkan perlakuan khusus atau peralatan tertentu dalam memeliharanya.

Baca juga :  Ikan Palmas / Ikan Naga : Harga, Jenis, Pakan, dan Cara Merawat

Berikut ini cara memelihara ikan sepat rawa:

  1. Pastikan kondisi tempat tinggalnya yang baru terdapat sirkulasi oksigen yang cukup. Jika Anda menggunakan akuarium bisa menambahkan pompa aerasi atau pompa oksigen agar tercukupi.
  2. Jauhkan ikan sepat dari ikan atau hewan predator. Beberapa ikan predator seperti arwana bisa mengancam keberadaan ikan sepat karena memang menjadi makanan alaminya. Terlebih lagi jika ukuran sepat yang Anda pelihara masih tergolong kecil.
  3. Berikan pakan yang sesuai, sepat tidak hanya memakan makanan buatan saja seperti pelet. Namun juga bisa diberikan jenis makanan hidup untuk ikan seperti jentik, cacing darah, larva, atau ulat kecil. Hal ini untuk menambah nutrisi agar corak dan warna pada ikan sepat lebih keluar.
  4. Periksa kondisi tempat tinggalnya dan rutin membersihkannya. Walau sepat bisa hidup di tempat yang kotor sekalipun tetap saja butuh sirkulasi air dan pembersihan tempat hidupnya. Apabila tidak dibersihkan maka ikan sepat bisa terjangkit berbagai penyakit atau parasit yang mengganggu hidupnya.
  5. Jangan mengguncang, mengobok-obok, atau sering memancing ikan ini. Walau terlihat konyol namun masih banyak orang yang melakukan ini untuk kesenangan mereka. Akuarium yang tidak dijauhkan dari jangkauan anak juga bisa membuat ikan di dalamnya diobok-obok sehingga membuat stress.
  6. Tidak terlalu banyak memberi makan ikan sepat. Jangan terlalu banyak atau over memberikan pakan kepada ikan tersebut. Sistem akuarium atau kolam yang tidak memiliki sirkulasi air yang baik akan membuat endapan sisa pakan di dasarnya sehingga mengotorinya.
ikan sepat rawa

ikanesia.id

Makanan Ikan Sepat Rawa

Di alam bebas, ikan sepat biasa memakan atau memangsa zooplankton, ikan kecil lain, larva serangga, jentik nyamuk, atau krustasea kecil lainnya. Namun ketika dipelihara, ikan sepat bisa diberikan makanan berupa pelet kecil atau binatang hidup lain seperti jentik nyamuk atau cacing darah.

Baca juga :  10 Gambar Ikan Guppy Unik dan Langka

Kualitas dari makanannya ini juga menentukan corak dan warna yang dihasilkan pada ikan sepat rawa. Maka dari itu Anda bisa memberikan jenis makanan bernutrisi tinggi agar warna dan coraknya bisa tampak maksimal.

ikan sepat hias

ikan.info

Beberapa nutrisi lain bisa ditambahkan seperti anti jamur, anti parasit, cairan nutrisi warna, atau suplemen lain untuk ikan tersebut. Ikan sepat juga memiliki sifat predator ke ikan yang lebih kecil terutama yang muat untuk masuk mulutnya. Jadi perlu dihindarkan juga dari ikan hias jenis lain yang ukurannya kecil.

Itulah beberapa informasi yang bisa didapatkan dari ikan sepat rawa. Anda bisa membelinya di toko online atau di toko ikan terdekat Anda. Pastikan untuk tahu cara membeli ikan sepat yang sehat karena sering kali banyak orang salah dalam memilih sehingga cepat mati.

Related Posts

Leave a Comment